Ini Tanda-tanda Anda Terkena Sakit Jantung

Seringkali kita terkecoh akan penyakit jantung. Penyakit mematikan ini memang jarang disadari penderitanya, tahu-tahu sudah terkapar di rumah sakit baru ngeh kalau terkena penyakit jantung. Lalu, bagaimana caranya agar kita ngeh kalau kita menderita sakit jantung? Berikut cara mengetahui  ciri-ciri  dari penyakit  jantung:
1.  Sering mengeluh nyeri dada
Ciri khas dari penyakit jantung adalah nyeri dada. Tapi, tidak selamanya penderita penyakit jantung mengalami nyeri dada, karena penyakit jantung bisa nyeri pada lokasi yang berbeda. Itu sebabnya banyak penderita menganggap ia masuk angin bukan karena ia sakit jantung. Dimana biasanya, nyeri dada dirasakan menjalar sampai ke lengan bagian bawah kiri, tapi bisa juga menjalar ke lengan kanan, leher bahkan menjalar ke area punggung atau belikat. 


Nyeri dada yang dirasakan penderita biasanya rasa tertindih benda yang berat, rasa seperti di tusuk-tusuk, dirobek-robek dan sebagainya. Yang perlu diperhatikan dalam nyeri dada adalah lokasi, penjalaran nyeri, kualitas nyeri, lama nyeri dan pencetus nyeri.
2.  Edema (Bengkak)
Edema merupakan salah satu tanda gagal jantung. Pembengkakan ini biasanya terletak pada bagian bawah tubuh. Dimana akan mencolok pada siang hari dimana penderita berdiri (kaki tampak bengkak) dan akan berkurang jika pada waktu tidur. Pembengkakan ini juga dapat terlihat di muka penderita.
Tapi, biasanya edema/pembengkakan pada tubuh terjadi pada penderita jantung yang ‘kronis’. Pada penderita jantung ‘baru’ biasanya tanda tersebut tidak terlihat, malah penderita tampak orang sehat kebanyakan.
3.  Sesak Nafas
Sesak nafas pada penderita jantung memberikan petunjuk adanya gangguan fungsi jantung dan paru. Kadang-kadang kesukaran bernafas ini tidak disadari oleh penderita karena berlangsung secara perlahan. Biasanya sesak nafas akan meningkat ketika penderita melakukan aktivitas berlebih. Oleh sebab itu, rata-rata penderita penyakit jantung disarankan untuk lebih banyak beristrirahat di tempat tidur. Sesak nafas penderita sakit jantung biasanya diiringi dengan nyeri dada.
4.  Pingsan (Sinkop)

Sinkop adalah keadaan kehilangan kesadaran karena aliran darah ke otak berkurang, baik karena hilangnya tonus vaskuler maupun menurunnya curah jantung.
Oleh sebab itu jika anda memiliki tanda-tanda di atas segera kunjungi pelayanan kesehatan terdekat. biasanya akan dilakukan medical cek-up buat anda yang bisa berupa pemeriksaan rekam jantung (EKG) atau dilakukan pemeriksaan laboratorium bahkan bisa juga dilakukan Rongten dada. Baca Juga: Apa Tanda Dan Gejala Serangan Jantung? Ini Dia 6 Tanda Dan Gejala Seseorang Terkena Serangan Jantung!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ini Tanda-tanda Anda Terkena Sakit Jantung"

Posting Komentar