Mengenal Kolesterol Lebih Dalam Penyebab Penyakit Jantung

Kolesterol? Bisa dipastikan sebagian besar dari kita pernah mendengar nama itu. Mendengar namanya bisa jadi pikiran kita terarah kehal yang negatif. Padahal kolesterol juga diperlukan untuk tubuh. Lalu, apa sebenarnya kolesterol itu? Kolesterol adalah zat lemak yang menyerupai lilin yang mempunyai beragam manfaat.
Apa saja manfaat dari kolesterol? Berikut beberapa manfaat dari Kolesterol untuk tubuh:
a.  Melindungi saraf
b.  Membuat jaringan sel.
c.   Memproduksi hormon-hormon.
Dimana kolesterol ini dapat berasal dari berbagai makanan, seperti: telur, daging dan beberapa produk susu. Sedangkan kolesterol sendiri sebagian besar dibuat dihati. 

Tapi, walaupun mempunyai beberapa manfaat bukan berarti peningkatan kolesterol baik buat kesehatan tubuh kita. Karena peningkatan kolesterol terutama kolesterol jahat akan berakibat buruk bagi tubuh, seperti: meningkatkan resiko serangan jantung maupun stroke. Hal ini dikarenakan dengan penumpukan kolesterol yang tinggi menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah arteri sehingga menyebabkan aliran darah tidak lancar atau tersumbat. Dengan aliran darah yang tidak lancar maka darah yang banyak mengandung nutrisi tidak akan sampai pada sel sehingga karena tidak mendapatkan nutrisi tersebut maka sel yang berada dijaringan akan rusak. Ambil contoh jantung, akan terjadi infark (kerusakan jaringan jantung)) sehingga bisa menyebabkan serangan jantung.

Kolesterol sendiri beredar dalam darah dalam bentuk yang berbeda-beda. Ada yang baik ada pula yang jahat. Kolesterol baik disebut dengan HDL sedangkan kolesterol yang jahat disebut LDL. Disebut kolesterol baik karena ia berfungsi mengambil kelebihan kolesterol yang ada didalam darah kita dan akan membawanya kembali kehati yang mana nanti dari hati tersebut kelebihan kolesterol akan dibuang dari tubuh. Sedangkan kolesterol jahat atau HDL bekerja sebaliknya, ia membawa kolesterol ke seluruh tubuh, tapi sepanjang perjalanannya ke seluruh tubuh kolesterol dapat menumpuk di sepanjang pembuluh darah arteri.
Inilah sebabnya mengapa kelebihan LDL dalam tubuh tidak baik untuk kesehatan kita. Karena dengan LDL tinggi peluang penumpukan kolesterol dalam arteri semakin besar. Dimana dengan penumpukan kolesterol tersebut akan menyebabkan kerusakan endotelium, defosit lemak berakumulasi di sel otot, terjadi penumpukan plak fibrosa sehingga menimbulkan penumpukan plak besar yang menyumbat arteri.
Lalu, berapa ambang batas kolesterol? Berikut gambarannya:
1.     Kolesterol
Kadar aman kolesterol: dibawah 200 miligram perdesiliter.
Ambang batas tinggi kolesterol: 200-239 mg/dl. Jika seseorang memiliki faktor resiko lain untuk penyakit jantung, orang tersebut berisiko dan dibutuhkan tindakan korektif.
Kadar Kolesterol tinggi: jika hasil pemeriksaan di atas 240 mg/dl, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut; direkomendasikan perubahan pola makan dan juga terapi obat.
Jika didapatkan hasil kolesterol yang tinggi biasanya tim medis akan memberikan obat untuk penyakit kolesterol yang biasanya diminum dimalam hari. Tapi, menggantungkan pada pengobatan tentu tidak menyelesaikan masalah. Ada baiknya, Anda menerapkan hidup sehat seperti rajin berolah raga dan makanan sehat.

Makanan sehat dapat berupa makanan yang kaya serat, seperti: sayur dan buah-buahan. Menghindari makanan berlemak, berpengawet, makanan cepat saji. Salah satu makanan yang baik buat menurunkan kolesterol dalam tubuh salah satunya adalah oatmeal. Dimana salah satu penelitian membuktikan oatmeal dapat menurunkan kadar kolesterol 15-17% dengan mengkonsumsi oatmeal 70 gr perhari. Baca Juga: Tingkat Kolesterol Jahat (LDL) Anda Tinggi Ini Efek Mengerikan Kolesterol Jahat Terhadap Tubuh Anda!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Kolesterol Lebih Dalam Penyebab Penyakit Jantung"

Posting Komentar