Faktor Penyebab Terjadinya Serangan Jantung

Ada beberapa faktor yang biasanya menyebabkan resiko terjadinya serangan jantung. Serangan jantung biasanya terjadi karena penyumbatan pembuluh darah koroner yang memberi makan otot-otot jantung. Dimana fator resiko ini sebagian besar dikarenakan pola makan yang tidak sehat. Lalu, apa saja faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya serangan jantung? Berikut lima faktor risiko penyebab serangan jantung:
1.  Hipertensi
Hipertensi atau orang awan biasa sebut dengan tekanan darah tinggi merupakan salah satu faktor resiko yang menyebabkan serangan jantung. Mengapa hipertensi bisa membuat seseorang berisiko terkena serangan jantung? Seperti kita tahu pasien dengan hipertensi biasanya mengalami peningkatan tekanan arteri sehingga lama kelamaan akan mengakibatkan aterosklerosis (penyakit arteri) yang mana bila mengalami aterosklerosis maka akan menyebabkan kerusakan vaskular (peredaran darah) di dalam tubuh. 


Bila sudah terjadi kerusakan vaskuler maka darah yang kaya akan nutrisi akan kurang sampai ke perifer (bagian pembuluh darah yang berada pada ujung tubuh) dan bila itu terjadi maka sel pada ujung tubuh akan terjadi kelaparan, jika terjadi kelaparan maka akan terjadi kematian pada sel yang bisa merembet pada kematian jaringan bahkan kematian organ tubuh termasuk jantung.
Selain itu, pada hipertensi biasanya akan terjadi kekentalan darah dengan terjadinya kekentalan darah tersebut, maka secara otomatis jantung akan memompa darah lebih keras dibanding biasanya agar tubuh terpenuhi kebutuhan darah yang kaya akan nutrisi penting. Karena terus menerus dipaksa untuk kerja keras, akhirnya terjadi pembesaran massa otot jantung. Dimana bagian jantung (Ventrikel) kiri akan terjadi penebalan pada dindingnya. Dengan menebalnya dinding ventrikel secara tidak langsung akan berpengaruh terhadap berkurangnya luas ruang jantung. Kalau luas ruang jantung berkurang maka tampungan darah dijantung akan berkurang sehingga penyampaian darah ke bagian sel juga akan berkurang.
2.  Kolesterol
Faktor kedua sebagai faktor resiko terjadinya serangan jantung adalah kolesterol. Yang perlu dipahami disini adalah tidak semua kolesterol itu tidak baik buat jantung. Ada juga kolesterol yang baik buat tubuh yaitu: HDL, sedangkan kolesterol jahat bernama LDL. Jika pada HDL membawa keluar kolesterol dari aliran darah maka LDL mengedarkan kolesterol ke seluruh tubuh.
Dengan beredarnya kolesterol ke seluruh tubuh maka secara otomatis lama kelamaan akan timbul plak dari plak ini jika terus terjadi penumpukan akan menyumbat pembuluh darah untuk mengalirkan darah. Jika terjadi sumbatan, maka bisa dibayangkan sel-sel dalam tubuh (terutama jantung) akan mengalami kekurangan nutrisi sehingga akhirnya jaringan maupun organ bisa mati.
3.  Diabetes Melitus (kencing manis)
Sama halnya dengan hipertensi, kencing manispun bisa menyebabkan risiko serangan jantung. Hal ini didasarkan oleh kurangnya insulin di dalam tubuh penderita. Jika insulin berkurang maka secara otomatis tubuh akan melakukan kompensasi dengan cara menghancurkan lemak selanjutnya akan terjadi peningkatan asam lemak di dalam darah lalu akan terjadi perlemakan di hati atau terbentuk VLDL yang mana akan berubah menjadi LDL. Dengan terbentuknya LDL maka kolesterol dalam darah akan dialirkan ke seluruh tubuh dan jika sudah begitu akan terjadi penumpukan plak. Dari penumpukan plak akan menyumbat pembuluh darah koroner yang selanjutnya bisa ditebak sendiri, jantung tidak mendapat aliran darah yang cukup dan otot-otot jantung tidak mendapat makanan sehingga menyebabkan nyeri dada yang hebat atau serangan jantung.
4.  Obesitas
Ini faktor resiko serangan jantung selanjutnya. Biasanya dengan pola makan yang tidak sehat menyebabkan obesitas. Dengan obesitas secara tidak langsung mengundang beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya resiko serangan jantung yang diantaranya adalah: penumpukan kolesterol jahat, penyakit kencing manis dan tentu saja hipertensi. Baca Juga: Cara Mengetahui Kelainan Pembuluh Darah Arteri

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Faktor Penyebab Terjadinya Serangan Jantung"

Posting Komentar