Mau Terhindar Dari Penyakit Jantung? Makan Ikan!

Bagaimana menghindari penyakit jantung koroner? Mungkin kita bisa meniru orang Eskimo yang tingkat kematian akibat Penyakit Jantung Koroner (PJK) sangat rendah. Padahal kalau kita menilik makanan yang dikomsumsi orang Eskimo ini, mereka mengkomsumsi diet tinggi lemak. Lalu, apa rahasianya sampai mereka memiliki tingkat kematian yang rendah terhadap penyakit jantung?
Rahasia jantung mereka tetap sehat adalah ikan. Hal ini terungkap dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti Denmark, Bang dan Dyeberg.dimana dari ikan tersebut tersimpan omega 3 yang dapat memproteksi jantung dari PJK. Selain itu, ikan juga diyakini dapat menurunkan tekanan darah dan mampu meruduksi proses pengerasan pembuluh darah. 


Penelitian terbarupun menyebutkan bahwa ikan mampu menurunkan atrial fibrasi yaitu kelainan pada irama jantung. Bagaimana ikan yang kita konsumsi itu bisa memproteksi tubuh kita dari gangguan irama jantung? Walaupun sampai saat ini, belum diketahui secara pasti, tapi berat dugaan hal ini lagi-lagi dipengaruhi oleh omega 3 yang mana zat ini dapat menurunkan eksitabilitas dan fluktuasi kasium dalam sel-sel jantung.
Pertanyaan selanjutnya, ikan apa yang baik untuk penyakit jantung? Ikan sungaikah atau ikan lautkah? Kalau melihat dari kandungan omega 3 nya memang kebanyakan ikan laut rajanya. Sedangkan untuk jenisnya, ikan Salmon diyakini memiliki kandungan omega 3 yang tinggi. Eitts, tunggu dulu, jangan berkecil hati bagi anda yang tidak memiliki kantong tebal untuk membeli ikan salmon ini. Karena ada ikan sungai yang banyak hidup di perairan Indonesia memiliki kandungan omega 3 lebih tinggi dari Salmon yaitu: ikan kembung.

Tapi, bukan hanya jenis ikannya saja yang menentukan dapat mencegah penyakit jantung pada anda. Cara memasaknya pun mempengaruhi fungsi yang dimiliki ikan untuk melindungi jantung anda. Cara yang baik untuk memasak ikan adalah dengan cara di bakar, dipanggang, direbus dan dimasak menggunakan microwave. Baca Juga: Waspada! Anda Berisiko Terkena Penyakit Jantung, Jika Ada Tujuh Faktor Ini

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mau Terhindar Dari Penyakit Jantung? Makan Ikan!"

Posting Komentar