Olah Raga Yang Baik Buat Penderita Hipertensi

Penyakit jantung erat hubungannya dengan tekanan darah tinggi (hipertensi). Dimana bila seseorang mengalami tekanan darah tinggi akan berengaruh terhadap kinerja jantung dalam memompakan darah dan oksigen ke seluruh tubuh. Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin ‘selamat’ dari penyakit mematikan ini perlu mewasadai peningkatan tekanan darah ini.
Dari berbagai literatur menyebutkan bahwa hipertensi dapat dicegah melalui latihan fisik (olah raga). Lalu, benarkah latihan fisik membantu menurunkan tekanan darah? Berikut ulasannya untuk Anda:
Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada pria berusia antara 40 sampai dengan 60 tahun, didapatkan fakta bahwa latihan fisik ringan sampai sedang berpeluang besar menurunkan tekanan darah. Dimana pada penelitian yang menggunakan metode case control tersebut melibatkan 40 responden pria dengan 20 pria pada kelompok kontrol dan 20 pria pada kelompok latihan. 


Dimana pada 20 pria kelompok latihan diberikan latihan fisik berupa olahraga dengan treadmil dan bersepeda  selama 16 minggu, dengan frekwensi latihan tiga kali perminggu dengan waktu sekitar 20-60 menit sekali latihan. Sedangkan 20 pria kelompok kontrol tidak melakukan olahraga seperti yang dilakukan pria kelompok latihan.
Pada awal latihan fisik tidak ada perbedaan berarti antara tekanan darah 20 pria latihan dengan tekanan darah 20 pria kontrol. Tapi, setelah 12 minggu mulai ada perbedaan berarti yaitu: pada 20 pria kelompok latihan, tekanan darahnya berangsur turun sedangkan kelompok kontrol tidak. Dan pada minggu ke 16 terjadi perbedaan signifikan antara kedua kelompok, dimana pada 20 pria kelompok latihan memiliki tekanan dan detak jantung lebih rendah dibanding 20 pria kelompok kontrol.
Jadi terbukti bahwa latihan fisik ringan sampai sedang berpeluang menurunkan tekanan darah sehingga sangat cocok untuk mencegah hipertensi dan baik buat penderita tekanan darah tinggi. Baca Juga: Waspada! Anda Berisiko Sakit Jantung Apabila Ada 7 Faktor Ini
Pertanyaan selanjutnya, apa saja latihan fisik sedang yang dilakukan untuk menurunkan tekanan darah tersebut? Menurut WHO (2010) latihan fisik sedang mencakup sebagai berikut:
1.  Insensitas aktivitas kuat minimal 20 menit/hari selama 3 hari atau lebih.
2.  Melakukan aktivitas sedang selama 5 hari atau lebih atau berjalan paling sedikit 30 menit/hari.
3.  Melakukan kombinasi aktivitas fisik yang berat, sedang, dan berjalan dalam 5 menit.

Dimana banyak sekali aktivitas yang dapat dilakukan pada latihan aktivitas sedang ini seperti: berjalan kaki, hiking, joging, bersepeda, senam aerobic, berenang, dan lain-lain. Semua bentuk latihan fisik tersebut tentunya mempunyai manfaat bagi kesehatan, disamping tubuh akan menjadi bugar, juga melancarkan pembuluh darah serta sirkulasi oksigen menjadi lancar.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Olah Raga Yang Baik Buat Penderita Hipertensi"

Posting Komentar