Pengobatan Terbaik Untuk Penderita Hipertensi

Hipertensi atau biasa disebut dengan tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyebab terjadinya penyakit jantung. Dimana biasanya penderita tidak merasakan adanya keluhan akan tekanan darah tinggi ini, tetapi penderita mempunyai resiko kematian kardiovasculer lebih besar dibanding dengan orang yang mempunyai tekanan darah normal.
Mengapa hipertensi bisa membuat seseorang mudah terkena penyakit jantung? karena hipertensi/tekanan darah tinggi menyebabkan perubahan pada pembuluh darah. Dimana dengan tekanan darah yang tinggi, jantung di ‘paksa’ untuk bekerja yang mengakibatkan otot jantung membesar yang akhirnya akan menyebabkan penyebaran darah melalui pembuluh darah akan terganggu, yang ujung-ujungnya akan mempengaruhi organ lain selain jantung seperti pada ginjal dan otak. 


Oleh karena itu pengobatan dini pada penderita hipertensi sangatlah penting, karena dapat mencegah terjadinya komplikasi pada beberapa organ tubuh. Lalu, apa saja pengobatan terbaik buat hipertensi? Berikut dua pengobatan terbaik untuk penderita hipertensi/tekanan daah tinggi:
Pertama: Pengobatan non farmakologi (pengobatan tanpa obat-obatan):
1.  Perubahan cara hidup (hidup sehat)
2.  Mengurangi asupan garam dan lemak
3.  Mengurangi asupan alkohol
4.  Berhenti merokok
5.  Mengurangi berat badan bagi penderita obesitas
6.  Meningkatkan aktivitas fisik
7.  Olah raga secara teratur
8.  Menghindari ketegangan (stress)
9.  Istirahat yang cukup
10.         Berdoa
Kedua: Pengobatan Farmakologi (Pengobatan dengan obat-obatan):
1.  Diuretik: merupakan obat-obatan yang dapat memperingan kerja jantung, ginjal, paru karena obat jenis ini biasanya akan mengeluarkan cairan yang tidak berguna ditubuh. Obat diuretik ini tersedia dalam oral, suntikan di vena maupun suntikan di area otot.
2.  Beta Bloker: obat ini berguna untuk menurunkan kebutuhan jantung akan oksigen dengan jalan menurunkan kontraklitas otot jantung dan laju denyut jantung.
3.  Kalsium Antagonis: obat ini mempunyai efek melebarkan pembuluh darah dan menurunkan tahanan perifer.

4.  ACE inhibitor: Obat ini dapat menurunkan tekanan darah karena menghambat pembentukan angiotensin II. Baca Juga: Ingin Menurunkan Kolesterol? Makan Alpukat

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengobatan Terbaik Untuk Penderita Hipertensi"

Posting Komentar