Awas! Angin Duduk Bisa Menyebabkan Kematian Mendadak!

Angin duduk. Begitu masyarakat awam menyebutnya. Entah dari mana ‘slogan’ itu berasal. Apakah karena penderita duduk sehingga menyebabkan angin berubah menjadi penyakit? Atau karena angin yang berbentuk duduk yang menyebabkan penyakit ini?
Terlepas dari mana datangnya istilah ini, yang jelas penyakit angin duduk ini tergolong penyakit mematikan karena biasanya penyakit ini berhubungan dengan penyakit jantung! Dimana angin duduk ini identik dengan serangan jantung, seperti kita tahu, serangan jantung ini bisa terjadi dimana dan kapan saja.

Terjadinya serangan jantung ini bisa terjadi jika salah satu cabang koroner jantung ada yang tersumbat atau tertutup, sehingga jantung kurang/tidak mendapat makanan yang berasal dari koroner yang akibatnya jantung terancam berhenti bekerja. Bila hal ini lambat ditangani, nyawa penderita sebagai taruhannya. 

Lalu, mengapa cabang koroner/pembuluh darah jantung bisa tersumbat? Hal ini dikarenakan penumpukan lipid (lemak) yang menempel di dinding pembuluh darah. Penumpukan lipid ini dikarenakan tingginya kolesterol jahat dalam darah yang mana kolesterol jahat (LDL) ini biasanya berasal dari makanan yang menganduk lemak, makanan cepat saji dan makanan berpengawet.Baca Juga: Turunkan Kolesterol Jahat Dengan Menggunakan Bawang Putih
Hal yang perlu diketahui adalah rata-rata penumpukan kolesterol jahat ini berawal saat kita masih muda atau bisa juga berawal pada saat kita masih anak-anak bila badan kita dibiarkan gemuk. Dimana setiap tahunnya sumbatan koroner bisa bertamba sebesar 2%, hanya perlu waktu 25 tahun untuk menyumbat separuhnya. Apabila pembuluh darah koroner tersumbat maka akan mengurangi secara otomatis akan mengurangi pasokan oksigen ke otot jantung sehingga akan membuat kita merasakan nyeri pada dada yang merupakan manifestasi dari ‘jeritan jantung’ yang kekurangan oksigen.
Nyeri dada akhibat kekurangan oksigen ini di dunia medis disebut angina pectoris. Dimana rasa nyeri dada ini seperti tertindih beban berat, bisa menjalar ke bahu, punggung dan lengan. Dimana durasi nyerinya bisa berlangsung dalam beberapa detik saja tapi bisa juga berlangsung panjang. Hal ini tergantung pada penyumbatan pada koroner.

Tapi, untunglah ada angina sebagai ‘pengingat’. Dengan peringatan ini, kita seolah diberitahu agar mencegah kejadian serupa terulang lagi. Bagaimana cara mencegahnya? Caranya adalah dengan kolesterol jahat diturunkan, kencing manis dikontrol, darah tinggi diturunkan, berat badan dibuat ideal, hindari stress dan rajin berolah raga secara rutin.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Awas! Angin Duduk Bisa Menyebabkan Kematian Mendadak!"

Posting Komentar