Berpikirlah Positif Agar Jantung Sehat

Ingin terhindar dari penyakit jantung? Mulai sekarang berpikirlah positif. Melalui sebuah studi dalam jurnal Psychosomatic  Medicine, ditemukan bahwa orang yang memiliki pikiran positif cenderung memiliki resiko terkena sakit jantung lebih sedikit dibandingkan orang yang berpikiran negatif.
Penelitian ini sendiri melibatkan 1000 partisipan yang memiliki penyakit jantung koroner selama lebih lima tahun, yang mana dari penelitian didapatkan fakta orang yang berpikir positif cenderung memiliki perilaku hidup sehat dalam jangka panjang, seperti aktif secara fisik, memiliki kebiasaan menghindari merokok, tidur yang sehat dan tentu saja melakukan pengobatan untuk jantung mereka. 


Hal itulah yang menyebabkan seorang yang berpikiran positif cenderung memiliki resiko terkena penyakit jantung yang kecil.  Selain itu, besar kemungkinan pikiran positif berpengaruh pada aliran darah ke jantung dan seluruh tubuh. Seperti diketahui apabila orang mengalami stres dan memiliki pikiran negatif, jantung akan berdetak lebih kencang dari biasanya. Tapi, walapun berdenyut lebih kencang bukan berarti pompanya maksimal, yang ada aliran darah yang sampai ke pembuluh darah jantung malah tidak sampai ke kapiler (pembuluh darah paing kecil) sehingga pada saat berdenyut kencang dengan pompa yang tidak maksimal ada bagian dari jantung mapun tubuh yang tidak teraliri darah yang kaya akan nutrisi. Sehingga, bisa ditebak sendiri, bagian yang tidak teraliri itu lama kelamaan akan mengalami kekurangan nutrisi yang apabila lama kelamaan terjadi akan mengalami kematian jaringan yang dapat memicu serangan jantung.Baca Juga: Tanda Peringatan Adanya Penyakit Jantung Diusia 30-an

Dari pembahasan diatas, dapat disimpulkan emosi positif berhubungan erat dengan kebiasaan sehat, yang mana akan mampu mengurangi risiko terjadinya masalah pada jantung dan kematian dini dikemudian hari.  Jadi dengan manfaat tersebut, sudah siapkah Anda untuk berpikir positif?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Berpikirlah Positif Agar Jantung Sehat"

Posting Komentar