Ciri Khas Nyeri Dada Pada Penyakit Jantung

Penderita jantung biasanya memiliki gejala yang khas, yakni: mengeluh nyeri dada. Dimana nyeri dada merupakan suatu tanda bahwa jantung sedang mengalami masalah. Pertanyaan pun muncul, nyeri yang seperti apa yang dikategorikan sebagai nyeri ‘jantung’? Mengingat, nyeri ‘lain’ juga dapat membuat nyeri dada?
Nyeri dada adalah keluhan yang sering muncul yang terjadi karena adamua kelainan pada jantung seperti angina, myocard iskemia, myocard infark dan perikarditis, dimana nyeri dada karena jantung ini memiliki karaktersitik yang khas yang membedakannya dari nyeri pada umumnya. Baca Juga: Anda Nyeri Dada? Bisa Jadi Anda Terkena Angina Pectoris

Pada nyeri dada pada jantung biasanya sering digambarkan sebagai perasaan tidak enak pada ulu hati, nyeri tumpul seperti tertekan benda berat, rasa terbakar, seperti diremas-remas, seperti tertikam yang mana lokasinya terasa di daerah di bawah ini:

Selain itu, nyeri dada pada jantung juga memiliki durasi serangan. Beberapa orang merasakan nyeri yang sebentar, sementara beberapa orang merasakan nyeri pada waktu yang lama. Tapi, pada umumnya nyeri angina kurang dari 20-30 menit, sementara myocard infark (kematian jaringan otot jantung) berlangsung lebih dari 30 menit.

Dimana nyeri dada ini bisa muncul karena peningkatan emosi, suhu yang ekstrim, mengerahkan tenaga, makan yang dapat memicu nyeri, bahkan mengejan saat buang air besar. Sementara, bila nyeri datang bisa diturunkan atau dikurangi dengan cara istirahat, pemberian obat nitrogliserin sub lingual (bawah lidah), pemberian oksigen dan perubahan posisi (setengah duduk). Jika nyeri tidak berkurang dengan cara di atas dan durasi nyeri lebih dari 30 menit kemungkinan besar, penderita mengalami myocard infark yang mana penderita harus segera dilarikan ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pengobatan segera. Baca Juga: Cara Mudah Mencegah Penyakit Jantung

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ciri Khas Nyeri Dada Pada Penyakit Jantung"

Posting Komentar