Ciri Seseorang Yang Berisiko Tinggi Terkena Penyakit Jantung

Anda pasti sudah mahfum jika penyakit jantung adalah penyakit mematikan bagi penderitanya. Baru saja terlihat segar bugar, tahu-tahu langsung ambruk karena serangan jantung. Lebih mengerikan lagi, penyakit ini menyerang siapa saja tanpa pandang bulu, siapapun bisa terkena penyakit mengerikan ini.
Pertanyaan selanjutnya, siapa orang yang berpeluang besar terkena penyakit jantung ini? Bukannya menakuti, dengan mengetahui orang yang berpotensi menderita jantung ini, diharapkan kita jadi lebih mawas diri dan awere terhadap penyakit satu ini.
Berikut kriteria seseorang berpotensi besar terkena penyakit jantung:


1.  Seseorang yang tidak menjaga pola makannya
Makanan adalah faktor utama timbulnya penyakit jantung? Mengapa? Karena dari makananlah penyakit jantung ini terbentuk. Ambil contoh jika kita mengkomsumsi makanan yang berlemak maupun makanan yang digoreng dalam jangka waktu yang lama, maka kelamaan kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh kita akan meningkat. Kolesterol jahat akan melekat dan menumpuk di lapisan pembuluh darah, semakin lama tempelan kolesterol itu maka lama kelamaan akan timbul plak. Jika terus menerus tertumpuk, maka plak akan menghalangi suplai darah yang kaya akan nutrisi ke Jantung, sehingga bisa ditebak sendiri, jantung akan kekurangan pasokan ‘makanan’ yang nanti ujung-ujungnya kita akan mengalami serangan jantung. Baca Juga: 3 Bahan Alami Yang Ampuh Menurunkan Kolesterol Jahat Dalam Tubuh
2.  Over weigh
Mungkin Anda sudah tahu mengapa seseorang yang mengalami peningkatan berat badan berlebih berpotensi besar terkena penyakit jantung. Ya, benar. Apalagi kalau bukan karena lemak berlebih di dalam tubuh, dimana lemak tersebut akan memacu jantung untuk bekerja lebih keras yang nantinya akan membuat jantung ‘kelelahan’. Dimana biasanya penderita dengan berat badan berlebih ini biasanya mengalami hipertensi maupun kolesterol jahat yang berlebih ditubuhnya.
3.  Orang yang mempunyai banyak plak di giginya
Jangan sepelekan plak gigi karena ini bisa jadi penyebab terjadinya penyakit jantung. Bagaimana bisa plak gigi menyebabkan penyakit jantung? Caranya jika karang gigi dibiarkan lama kelamaan karang gigi akan membesar dan akan mendesak masuk ke dalam kantong gusi yang mana nantinya akan menimbulkan peradangan. Dimana peradangan ini bisa ditandai dengan bengkaknya gusi dan gusi sering berdarah. Baca Juga: Hati-Hati Cabut Gigi Bisa Menyebabkan Endokarditis
Nah, karang gigi yang dibiarkan meradang akan menimbulkan infeksi. Berbahaya lagi, jika ada darah yang keluar dari gusi akibat peradangan akan terkontaminasi dengan kuman yang terdapat pada karang gigi, maka perpaduan tersebut akan dapat masuk dan menjalar ke pembuluh darah yang nantinya akan sampai juga ke jantung. Tentu saja infeksi tadi akan menyebabkan penyakit buat jantung.
4.  Orang yang memiliki tubuh yang rendah (Pendek)
Dari sebuah study dalam New England Journal of Medicine menunjukkan bahwa orang yang memiliki tubuh yang pendek berisiko lebih tinggi terkena penyakit jantung.

Mengapa orang yang memiliki tubuh pendek berisiko terkena penyakit jantung? Hal ini berhubungan dengan gangguan arteri koroner. Dimana sebagai perbandingan, seseorang yang memiliki tinggi badan sekitar 152 cm akan memiliki resiko terkena penyakit arteri koroner  sebesar 32% dibandingkan orang yang memiliki tinggi badan 172 cm. Dimana setiap pertumbuhan 6,35 cm pada tinggi badan seseorang resiko terkena gangguan arteri koroner berkurang  hingga rata-rata 13,5 %. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ciri Seseorang Yang Berisiko Tinggi Terkena Penyakit Jantung"

Posting Komentar