Daftar Makanan Hebat Untuk Kesehatan Jantung Anda

Makanan apa saja yang sehat buat jantung? Sebenarnya ada banyak makanan yang tersedia yang sangat baik untuk kesehatan jantung, apalagi bagi kita masyarakat Indonesia yang kaya akan makanan sehat baik nabati maupun hewani. Baiklah, tanpa berlama-lama inilah daftar makanan sehat untuk penderita jantung:
1.  Oatmeal (OAT)
Sejumlah penelitian membuktikan makanan satu ini baik bagi kesehatan jantung. Dimana dari banyak penelitian yang dilakukan selama berpuluh-puluh tahun menemukan OAT menurunkan kolesterol jahat (LDL) dengan rentang 2 sampai 29,6% yang mana kolesterol jahat ini dapat menyebabkan timbulnya penyakit jantung.
Dalam mengkomsumsi OAT sebaiknya minimal 70 gram atau 8 sendok makanan, yang mana oatmeal dikomsumsi dengan makanan rendah lemak beserta buah-buahan (pisang, pepaya dan apel). 


2.  Ikan
Mengapa ikan baik buat penderita jantung? Karena dari tubuh ikan terkandung omega 3 yang dapat memproteksi jantung dari PJK. Lalu, ikan seperti apa yang baik buat jantung? Pada dasarnya semua ikan baik buat jantung tapi rata-rata ikan laut rajanya. Ikan salmon yang kadung populer di dunia yang diyakini memiliki kandungan omega 3 yang tinggi, tapi jangan berkecil hati karena ada ikan murah meriah yang dapat mengalahkan ikan salmon dalam hal kandungan omega 3, yaitu: ikan kembung.
Selain jenisnya, untuk mendapatkan manfaat dari ikan, kita harus memperhatikan cara pengolahannya juga. Sebaiknya ikan diolah dengan cara dibakar, panggang, direbus maupun dimasak dengan microwave.
3.  Kacang hijau
Dalam sebuah penelitian mengkonsumsi ½ cangkir  kacang hijau terbukti dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL). Selain itu kacang hijau mengandung flavonoid yang berfungsi menghambat adhesi trombosit dalam darah sehingga dapat menurunkan resiko terkena serangan jantung dan stroke.
4.  Cokelat
Hmm, bagi Anda penggemar cokelat pasti bahagia makanan enak satu ini masuk dalam daftar makanan hebat penghambat penyakit jantung. Perlu diketahui, makanan lezat ini banyak mengandung  flavanol yang mempunyai manfaat meningkatkan fungsi dan menjaga kesehatan pembuluh darah sehingga tekanan darah  tinggi dapat teratasi.
5.  Teh Hijau

Didalam minuman ini ada EGCG yang berfungsi sebagai antiatherogenic (memperkecil resiko penyumbatan pembuluh darah), selain itu berfungsi sebagai antithrombotic (anti penggumpalan darah) dan anti mikroba. Dengan demikian, teh hijau dapat disimpulkan dapat mengatasi berbagai masalah yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit jantung. Baca Juga: Alasan Teh Hijau Dapat Mengobati Penyakit Jantung

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Daftar Makanan Hebat Untuk Kesehatan Jantung Anda"

Posting Komentar