Hati-Hati Cabut Gigi Bisa Menyebabkan Endokarditis

Endokarditis adalah suatu keadaan terjadinya peradangan pada lapisan bagian dalam jantung (endokardium) yang juga melibatkan bagian katup jantung. Dimana perjalanan penyakit jantung ini diawali dengan terjadinya peradangan dilapisan dalam jantung oleh karena serangan bakteri yang selanjutnya akan membentuk gumpalan fibrin yang mana gumpalan fibrin ini akan menjadi tempat berkumpulnya mikroorganisme. Yang selanjutnya mikroorganisme akan membentuk lapisan pelindung dan menimbulkan efek meluasnya infeksi. Dimana dengan meluasnya infeksi akan menyebabkan kelainan bentuk, penebalan, kekakuan dan luka yang dapat menyebar keberbagai organ (hati, ginjal, arteri koroner, otot, paru serta merusak aliran darah).
Lalu, apa penyebab dari endokarditis ini? penyebab dari penyakit peradangan pada lapisan dalam jantung ini disebabkan oleh serangan mikroorganisme, yaitu: sterptokokkus viridans, staphilokokkus aureus, bakteri gram negatif, escherisia coli, candida albicans, aspergillus fumigatus dan beberapa jenis mikrooranisme lain. Sedangkan faktor pendukung terjadinya endokarditis ini dapat berupa: pencabutan gigi, pemasangan katup jantung buatan, penyakit jantung bawaan  pemakaian obat suntik (melalui pembuluh darah), dll. Baca Juga: Anda Berisiko Terkena Penyakit Jantung Jika Punya Riwayat Penyakit Jantung Pada Keluarga


Apa saja tanda dan gejala seseorang mengalami penyakit endokarditis ini? Tanda dan gejala peradagan pada lapisan bagian dalam jantung ini antara lain:demam, tidak ada selera makan, berkeringat, menggigil, penurunan berat badan, batuk, muncul bercak-bercak, perdarahan pada konjungtiva (bagian mata), bercak-bercak pada dasar kuku, nyeri dan merah pada jari tangan dan kaki, serta adanya makula warna merah terang pada telapak tangan.
Bila ada tanda dan gejala yang ditemui pada penderita, ada baiknya dilakukan sejumlah pemeriksaan penunjang. Adapun pemeriksaan yang perlu dilakukan untuk mengetahui terkena atau tidak penyakit endokarditis ini  adalah:
1.  Pemeriksaan Laboratorium: dimana pada hasil laboratorium biasanya didapatkan hasil hb atau hemaglobin terjadi penurunan dan hasil hematokrit juga rendah.
2.  Pemeriksaan foto Thaoraks: biasanya didapatkan adanya pembesaran jantung dan gambaran kongesti paru. Baca Juga: Kupas Tuntas Perihal Pemeriksaan Rongten
3.  Echokardiografi: akan terlihat adanya perkumpulan mikroorganisme (vegetasi) pada katup jantung.
4.  Kateterisasi Jantung: didapatkan adanya disfungsi katup.
Bila memang benar penderita terkena penyakit endokarditis sebaiknya segera ditangani segera. Karena bila terlambat, penderita akan terkena komplikasi, diantaranya adalah: gagal jantung, emboli, infark spleen. Adapun terapi yang biasa diberikan pada penderita adalah: pemberian antibiotika dan pembedahan untuk mengangkat vegetasi kuman dan mengatasi kelainan jantung primer.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hati-Hati Cabut Gigi Bisa Menyebabkan Endokarditis"

Posting Komentar