Kupas Tuntas Gagal Jantung Yang Mesti Diwaspadai

Gagal jantung atau biasanya didunia medis disebut dengan Congestif Heart Failure (CHF) adalah suatu keadaan dimana terjadi kelainan fungsi jantung sehingga menyebabkan jantung tidak mampu memompa darah untuk memenuhi kebutuhan tubuh.
Gagal jantung disebabkan oleh berbagai hal, seperti: adanya kelainan otot jantung, penyumbatan di pembuluh darah koroner, tekanan darah tinggi, adanya peradangan maupun penyakit otot jantung dan faktor lain (demam, kekurangan oksigen mapun anemia).
Gagal jantung biasanya berawal dari gangguan kemampuan memompa jantung yang menyebabkan curah jantung lebih rendah dari curah jantung normal. Biasanya, bila curah jantung berkurang maka saraf simpatis akan mempercepat frekwensi jantung untuk mempertahankan curah jantung. Tapi, bila tidak tertangani juga maka untuk mempertahankan curah jantung yang normal maka volume sekuncup jantunglah yang harus menyesuaikan diri. 


Dimana volume sekuncup dipengaruhi oleh tiga faktor preload (pengisian darah), kontraklitas (memompa) dan afterload (pengeluaran darah). Jika ada satu atau lebih ketiga faktor di atas terganggu, maka hasilnya curah jantung akan tetap berkurang. Dengan berkurangnya curah jantung maka  darah yang disalurkan tidak akan dapat mencapai jaringan mapun sel ditubuh.
Dimana dengan tidak sampainya darah ke jaringan maupun pada sel akan menimbulkan: sesak pada penderita, rasa berdebar, cepak capek, pusing, oliguri (urine berkurang). Dan bila tidak ditangani, gagal jantung akan menimbulkan komplikasi, berupa: gangguan irama jantung, nyeri dada, shock, gagal ginjal, pembentukan udara di darah dan pembesaran pada hati.
Untuk melihat adanya kegagalan jantung bisa dilakukan pemeriksaan: Foto Thorax, rekam jantung (EKG), pemeriksaan laboratorium, echocardiografi dan kateterisasi jantung. Sedangkan pada pelaksaan pada gagal jantung biasanya tergantung kondisi penderita. Umumnya akan diberi pengobatan seperti obat diuretik, digitalis, ACE inhibitor maupun Vasodilator. Dimana untuk pemberian diuretik berguna mengeluarkan natrium dan air melalui ginjal. Dimana biasanya natrium dan air susah untuk dikeluarkan pada penderita gagal jantung.  Sedangkan vasidilator berguna untuk mengurangi tekanan terhadap penyemburan darah oleh ventrikel. Digitalis berguna membantu pompa jantung dan memperlambat frekwensi jantung. Baca Juga: Kupas Tuntas Infark Miokard Yang Menyebabkan Kematian Otot Jantung

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kupas Tuntas Gagal Jantung Yang Mesti Diwaspadai"

Posting Komentar