Pengaruh Kegemukan Terhadap Timbulnya Penyakit Jantung

Apa hubungan antara penyakit jantung dengan kegemukan? Sebelum menjawab pertanyaan ini, sebaiknya kita harus tahu dulu apa itu kegemukan atau biasa disebut juga dengan obesitas. Dimana berdasarkan Riset Kesehatan Dasar 2010, Prevalensi obesitas di Indonesia mengalami peningkatan sebesar 14, 2% pada tahun 2010. Dimana peningkatan ini dipengaruhi oleh pola makan, seperti: kebiasaan makan-makanan yang nilai gizinya tidak seimbang (Cepat saji, berpengawet, hingga makanan berlemak).
Lalu, kapan seseorang dikatakan mengalami obesitas? Menurut standar yang dikeluarkan WHO, seseorang mengalami obesitas jika indeks massa tubuh(IMT) melampaui angka 25.
Berikut Cara Menghitung IMT (Indeks Masa Tubuh):

(Berat Badan (Kg)
Tinggi Badan (Cm) / 100)2
Misalnya:
BB: 60 Kg
TB: 160 Cm
Jadi TB: 160 cm/100 : 1,6 karena kuadrat maka: 1,6 x 1,6 = 2,56
Jika BB: 60 Kg/2,56 = 23,4 jadi IMT orang ini adalah 23,4.
Jadi: jika IMT seseorang dibawah 18,5 disebut kekurangan berat badan atau kekurangan Gizi, sedangkan IMT 18,5 s/d 22,9 normal atau Ideal, jika IMT 23 s/d 24,9 Kelebihan Berat Badan, dan di atas sama dengan 25 pada IMT-nya seseorang menderita Obesitas. 

Nah, kembali keduduk persoalan lalu apa hubungannya penyakit jantung dengan kegemukan? Hubungan keduanya sangat erat yang ada kait mengaitnya antara satu dengan yang lain. Dimana:

Pada orang gemuk beresiko terkena penyakit jantung koroner (PJK) dan gagal jantung. Hal ini dikarenakan pada orang gemuk atau mengalami obesitas mudah terbentuk plak pada pembuluh darah jantung yang mana biasanya pada orang gemuk mengalami kenaikan kadar lemak (kolesterol dan trigliserida) dalam darah. Hal ini timbul akibat kelainan metabolisme atau transportasi lemak dalam tubuh. Jika terjadi peningkatan kadar kolesterol jahat dalam tubuh maka lama kelamaan akan timbul plak yang akan mempengaruhi aliran darah ke jantung maupun ke tubuh. Jika aliran darah terganggu, maka darah yang mengandung banyak nutrisi akan terhambat sampainya ke jantung maupun ke seluruh tubuh. Dan, bisa ditebak sendiri jika jantung kekurangan nutrisi. Ya, benar jantung akan mengalami kegagalan menjalankan fungsinya dan jika jantung mengalami kegagalan fungsinya maka akan berpengaruh terhadap tubuh secara keseluruhan, dimana dampak terburuknya adalah kematian! Baca Juga: Cara Mudah Terhindar Dari Serangan Jantung Berulang

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengaruh Kegemukan Terhadap Timbulnya Penyakit Jantung"

Posting Komentar