Beberapa Gangguan Penyebab Nyeri Dada Sebelah Kiri

Nyeri dada sebelah kiri sering dikaitkan dengan penyakit jantung, padahal faktanya nyeri dada yang timbul tidak selalu disebabkan oleh penyakit jantung. Bisa saja penyebabnya pada masalah pencernaan atau anda sedang mengalami stress. Lalu, apa saja yang dapat menyebabkan nyeri dada sebelah kiri? Berikut beberapa gangguan yang dapat menyebabkan nyeri dada sebelah kiri:
1.  Serangan Jantung
Ini merupakan gangguan yang menyebabkan nyeri dada yang perlu Anda waspadai. Jika salah penanganan, fatal akibatnya. Dimana serangan jantung terjadi saat aliran darah ke otot jantung tiba-tiba terhambat. Jika sakit dada sebelah kiri karena serangan jantung, Anda akan merasa dada Anda ditekan, diremas, dan muncul rasa berat dalam rongga dada. Tidak jarang diiringi dengan rasa seperti terbakar, ditusuk-tusuk atau mati rasa pada lengan kiri, yang dapat merambat ke lengan kanan. Lengan dapat terasa lebih lemah atau lebih berat dari biasanya. Saat serangan jantung akan muncul, dapat terjadi gejala sesak nafas, rasa lelah yang luar biasa dan timbul sakit kepala. Gejala lain yang dapat timbul adalah timbulnya keringat dingin dan wajah memerah. Gejala di atas bisa berbeda tiap individu. Baca Juga: Ciri Khas Nyeri Dada Pada Penyakit Jantung


2.  Angina
Kondisi ini disebabkan oleh makin menyempitnya arteri ke jantung sehingga aliran darah tidak mengalir normal. Gejala yang dirasakan adalah dada terasa sesak atau sakit tajam seperti keram otot pada dada sebelah kiri. Biasanya terjadi setelah aktivitas fisik yang membuat jantung bekerja lebih keras.
3.  Gangguan pada usus
Biasanya timbul nyeri di dada dikarenakan adanya gay yang menumpuk di usus dimana tubuh belum mengeluarkan gas tersebut. Biasanya pembeda nyeri dada jantung dengan gangguan ini adalah adanya gejala perut terasa kembung dan kadang sering bersendawa.
4.  Gangguan Pada Paru-paru
Jika Anda mengalami infeksi paru-paru yang mana dapat menyebabkan timbulnya peradangan paru dan selaput di sekitar paru, salah satu gejala yang biasanya muncul adalah nyeri dada yang akan terasa semakin terasa saat bernafas yang disertai batuk.
5.  Stres
Jangan abaikan masalah satu ini, karena stres yang Anda alami juga dapat menyebabkan nyeri dada sebelah kiri. Dimana stres yang tidak dapat dikendalikan juga dapat membuat pelakunya mengalami sesak, yang mana biasanya penderita stres melarikan rasa stresnya melalui hal yang negatif yang justru dapat menimbulkan penyakit jantung, seperti: merokok, mengkomsumsi alkohol secara berlebihan, makan tidak sehat sehingga mengalami obesitas dan terkena kencing manis. 
6.  Cedera
Kondisi ini juga dapat menyebabkan nyeri dada, dimana cederanya mengenai area dada. Dimana rasa sakit akibat adanya penekanan pada saraf dapat menyebabkan mati rasa pada lengan yang seringkali disalah artikan sebagai gejala dari serangan jantung.


Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Beberapa Gangguan Penyebab Nyeri Dada Sebelah Kiri"

  1. Wah saya pernah ngalamin nih nyeri dada sebelah kiri tapi sekarang udah nggak allhamdulillah hehe, thank mas infonya..

    BalasHapus