Kupas Tuntas Pemasangan Cincin atau Ring Jantung

Pemasangan stent pada jantung atau biasa juga disebut dengan pemasangan cincing jantung/ring jantung merupakan sebuah tindakan kedokteran yang bertujuan untuk melebarkan pembuluh darah koroner yang mengalami sumbatan atau penyempitan sehingga peredaran darah menuju jantung menjadi lancar dan suplai nutrisi untuk jantung kembali terpenuhi.
Lalu, kapan seseorang perlu untuk dipasang ring jantung atau cincin jantung ini? stent jantung dibutuhkan oleh seseorang yang mengalami penyakit jantung koroner yang mana biasanya pembuluh darah koroner penderita mengalami penyempitan oleh karena tumpukan plak. Baca Juga: Mengenal Kolesterol Penyebab Penyakit Jantung

Mengapa harus dipasang cincin atau ring jantung pada penderita jantung koroner? Karena seperti disinggung di atas, penderita jantung koroner yang mengalami penyempitan pada pembuluh darah koroner akan sulit memenuhi kebutuhan oksigen maupun nutrisi buat ‘kehidupan’ jantung, sehingga diperlukan suatu tindakan untuk melebarkan kembali pembuluh darah yang sempit yang nantinya akan memperlancar arus darah ke jantung. Jika, pembuluh darah koroner tidak ditindak lanjuti dengan pemasangan ring jantung maka bukan hanya jantung yang mengalami kematian, tapi individu yang mengalami penyempitan pembuluh darah koronerpun dapat mengalami kematian!

Lalu, bagaimana pemasangan cincing jantung/sten jantung ini? pemasangan ring jantung/cincin jantung ini yang biasa disebut dengan tindakan PTCA (Percutaneus Transluminal Coronary Angioplasti) dimulai dengan anestesi di area pangkal paha dalam. Setelah itu, dokter bedah jantung akan memasukkan selang kecil ke dalam tungkai lengan melalui bantuan monitor yang ada di hadapannya. Lalu, selang kecil tersebut akan diarahkan ke bagian arteri yang mengalami penyempitan dalam jantung.
Setelah sampai ditempat tujuan, dokter bedah jantung akan memasukkan selang kecil kedua yang ukurannya lebih kecil dari selang kecil (kateter) pertama yang mana selang kedua ini dilengkapi balon serta cincing/ring jantung. Lalu, ujung kedua diarahkan ke dalam sumbatan arteri koroner sehingga balon yang terdapat pada kateter kedua dapat ditiupkan/pompa sehingga melebarkan bagian yang tersumbat/sempit dalam arteri koroner. Ring jantung yang dipasang dalam arteri koroner itu akan menjadi penyangga agar pembuluh darah tetap terbuka sehingga aliran darah menjadi lancar.
Setelah pemasangan stent atau ring jantung maka penderita pemasangan cincin harus memperhatikan perawatan pasca/sesudah pemasangan cincin jantung. Yang perlu diperhatikan pada pemasangan ring/sten jantung adalah perihal menjaga pola makan agar sumbatan di pembuluh darah koroner tidak terjadi lagi lalu perlunya penderita tahu olahraga yang dianjurkan bagi penderita jantung koroner. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kupas Tuntas Pemasangan Cincin atau Ring Jantung"

Posting Komentar