Kupas Tuntas Pemeriksaan Foto Rontgen Untuk Melihat Penyakit Jantung

Salah satu pemeriksaan untuk mengetahui kelainan jantung adalah pemeriksaan foto rontgen terutama pada bagian dada atau orang medis menyebutnya dengan foto thorak, selain pemeriksaan rekam jantung dan pemeriksaan laboratorium. Dimana tujuan pemeriksaan foto thorak (foto area dada) adalah untuk:
1.  Menilai adanya kelainan jantung, misalnya: kelainan letak jantung, pembesaran atrium atau ventrikel, pelebaran dan penyempitan aorta.
2.  Menilai kelainan pada paru, misalnya: edema paru, enfisema paru, tuberkulosis paru.
3.  Menilai adanya perubahan pada struktur ekstra kardiak
4.  Gangguan pada dinding thoraks.
5.  Gangguan rongga pleura
6.  Gangguan pada diafragma


Lalu, apa yang mesti Anda persiapankan untuk foto rontgen ini? yang perlu Anda persiapkan dalam foto radiologi ini tergantung dari foto rontgen apa yang hendak Anda lakukan. Apakah ingin foto rongten dengan pemeriksaan tanpa kontas atau pemeriksaan dengan kontas. Apa perbedaan antara pakai kontas dan tidak? Tentu saja dari segi pemakaian alat kontas. Jika pada pemeriksaan tanpa kontas, Anda dapat langsung melakukan foto tanpa dilakukan persiapan khusus untuk pengambilan foto. Jika dengan kontas, Anda biasanya memerlukan persiapan tertentu, termasuk persiapan memasukkan bahan kontas ke tubuh Anda.
Biasanya untuk menegakkan sebuah diagnosa, dokter akan mempertimbangkan posisi apa yang cocok untuk melihat kelainan jantung Anda. Pada umumnya, pemeriksaan rongsen yang umum dilakukan untuk melihat kelainan pada jantung adalah posisi AP atau Anterior-Posterior (Depan-Belakang).
Lalu, dalam pengambilan gambar biasanya Anda diminta untuk menanggalkan pakaian atas agar hasil foto tidak ada gambaran kancing baju maupun aksesori yang dapat mengganggu pembacaan hasil rontgen. Tidak lama kemudian, ketika Anda siap dengan memberi aba-aba petugas Radiologi akan memberitahukan bahwa foto thoraks (dada) akan di ambil. Biasanya dalam hitungan detik, pengambilan gambar foto akan dilakukan dan dalam waktu yang singkat hasil foto akan dapat Anda peroleh untuk diperlihatkan ke tim dokter yang nantinya akan menegakkan diagnosa apakah ada kelainan pada jantung Anda atau tidak. Baca Juga: Anda Masih Muda Dan Punya Kolesterol Tinggi? Inilah Akibatnya

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kupas Tuntas Pemeriksaan Foto Rontgen Untuk Melihat Penyakit Jantung"

Posting Komentar