Mengenal Lebih Dekat Penyakit Gagal Jantung

Apa itu gagal jantung?
Gagal jantung adalah suatu keadaan dimana jantung tidak mampu memompakan cukup darah guna memenuhi kebutuhan oksigen untuk metabolisme serta kebutuhan nutrisi sehingga menyebabkan ketidakseimbangan antara suplai dan kebutuhan oksigen.
Faktor penyebab terjadinya gagal jantung?
Penyebab yang ditenggarai sebagai penyebab dari gagal jantung adalah segala sesuatu yang dapat mempengaruhi efesiensi jantung sebagai pompa akan menyebabkan terjadinya gagal jantung.
Mekanisme dan kondisi yang dapat menyebabkan kegagalan jantung secara garis besar dapat disebabkan oleh:

1.  Penurunan kemampuan pompa pada otot jantung: bisa karena penyakit jantung koroner (PJK), bisa karena tamponade jantung, aneurisma ventrikel dan penyakit infiltrat.
2.  Kerja otot jantung (miokard) berlebihan: bisa karena hipertensi, cor pulmonal, stenosis aorta/pulmonal,  gangguan irama jantung, ketidakmampuan aorta/mitral/trikuspidalis.
3.  Kebutuhan tubuh meningkat: bisa karena anemia berat, kehamilan maupun karena defisiensi nutrisi.
Tanda dan gejala penyakit gagal jantung:
Sesak nafas, nyeri dada, edema (pembengkakan) pada paru, nadi cepat, pembesaran organ terutama jantung dan  anemia. 

Perjalanan penyakit gagal jantung (patofisiologi);
Biasanya jika terjadi penurunan curah jantung, tubuh akan berkompensasi melalui peningkatan aktifitas saraf simpatik. Dimana akan terjadi pengeluaran renin angiotensin aldosteron dan pelepasan ADH. Dimana mekanisme ini akan membantu sementara waktu dalam mempertahankan curah jantung. Tapi, jika terus menerus dilakukan, maka secara tidak langsung akan menyebabkan perubahan pada stuktur jantung (ventrikel) yang menyebabkan jantung akan melebar, yang nantinya akan berpengaruh terhadap pompaan jantung.
Pemeriksaan apa yang dapat mengetahui adanya kegagalan jantung?
Anda dapat melakukan pemeriksaan dibawah ini untuk memastikan adanya gagal jantung pada diri Anda:
1.  Foto Thoraks: pada poto rongten biasanya ditemukan adanyaa pembesaran jantung, bendungan pada vena paru serta adanya efusi.
2.  Ekg: pada rekam jantung ini akan terbaca adanya gambaran infark (kematian jaringan jantung), maupun adanya pembesaran jantung.
3.  Pemeriksaan Laboratorium: ada beberapa pemeriksaan yang dapat dilakukan, seperti: pemeriksaan Hb untuk melihat adanya anemia, pemeriksaan enzim jantung: untuk melihat resiko infark akut, elektrolit: untuk memeriksa kadar elektrolit dalam tubuh.
4.  Echocardiographi: pemeriksaan yang menyerupai pemeriksaan USG ini dapat melihat kelainan struktur pada jantung seperti: ketebalan otot-otot ruang jantung, pembetukan trombus (bekuan), melihat fungsi katup jantung maupun untuk melihat fungsi sistol dan diastol pada tekanan darah seseorang.
5.  Kateterisasi: biasanya melihat adanya sumbatan pada pembuluh darah jantung. Baca Juga: Begini Prosedur Kateterisasi Jantung Terlengkap
Komplikasi gagal jantung:
Efek samping atau komplikasi dari gagal jantung adalah: aritmia, nyeri dada, kematian jaringan otot jantung, syok, kerusakan pada ginjal, pembesaran pada hati serta pembentukan emboli yang berbahaya bagi tubuh.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Lebih Dekat Penyakit Gagal Jantung"

Posting Komentar