Mengenal Penyakit Jantung Bawaan Tetralogi Fallot

Salah satu penyakit jantung bawaan yang paling banyak diderita oleh penderita jantung adalah tetralogi fallot. Apa itu tetralogi fallot? Tetralogi Fallot merupakan penyakit jantung bawaan biru (sianotik). Dimana anak dengan kelainan ini akan terlihat biru sejak lahir karena hipoksia (kekurangan oksigen).
Selain itu tanda dan gejala dari penyakit jantung bawaan ini adalah pertumbuhan badan kurang dibanding anak sebaiknya. Gejala lain adalah anak tiba-tiba tampak biru, pernafasan cepat, kesadaran bisa menurun bahkan bisa kejang-kejang. Dimana periode ini biasanya dialami pada usia 3 bulan sampai kurang lebih 3 tahun dan biasanya gejala tadi timbul pada pagi hari waktu anak bangun tidur atau setelah buang air besar. Baca Juga: Lebih Dekat Dengan Penyakit Jantung Bawaan


Pemeriksaan lanjutan untuk memastikan bahwa seseorang memang menderita Tetralogi Fallot adalah dengan pemeriksaan foto thorak. Dimana pada foto thoraks biasanya didapatkan gambaran khas yakni seperti sepatu boot atau biasa disebut boot shape.
Sedangkan untuk penangan tetralogi fallot adalah dengan penutupan defek septum ventrikel dan pelebaran infundibulum ventrikel kanan. Dimana langkah untuk menutup ini memiliki beberapa persayaratan, seperti: ukuran arteri pulmonalis dan cabang-cabangnya harus besar (dilihat pada pemeriksaan kateterisasi jantung) serta juga tidak ada arteri koroner yang menyilang alur keluar ventrikel kanan dan ukuran ventrikel kiri  harus cukup besar agar mampu menampung darah seluruh tubuh (sistematik). Baca Juga: Ciri-Ciri Bayi Atau Anak Anda Terkena Penyakit Jantung
Umumnya penutupan defek septum ventrikel dan pelebaran infudibulum ventrikel kanan dilakukan pada usia kurang lebih 1 tahun dengan perkiraan berat badan sudah mencapai sekitarnya 8 kilogram.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Penyakit Jantung Bawaan Tetralogi Fallot"

Posting Komentar