Penderita Diabetes Berisiko Tinggi Untuk Terkena Penyakit Jantung

Penyakit Jantung bisa disebabkan berbagai faktor, salah satunya adalah karena penyakit diabetes atau masyarakat awam menyebutnya dengan kencing manis. Dimana penyakit diabetes ini dapat menimbulkan resiko  2 sampai 4 kali lipat untuk terjadinya penyakit jantung.
Mengapa penyakit diabetes atau kencing manis ini dapat menimbulkan resiko penyakit jantung? Karena penyakit diabetes dapat mempersempit pembuluh darah kecil di seluruh tubuh termasuk jantung. Bisa dibayangkan bukan jika pembuluh darah ke jantung menjadi sempit? Benar, nutrisi yang akan menuju ke jantung akan terhambat penghantarannya. Sehingga akan banyak terjadi ‘kelaparan’ sel yang ujung-ujungnya akan menyebabkan penyakit jantung. Baca juga: Delapan Langkah Mudah Agar Pembuluh Darah Jantung Anda Tidak Tersumbat


Oleh karena itu untuk mencegah timbulnya penyakit jantung yang diakibatkan oleh penyakit diabetes sebaiknya kita mengatur pola makan, terutama membatasi untuk mengkomsumsi pemakaian gula. Kita dianjurkan untuk mengkomsumsi tidak lebih dari dua sendok makan atau 25 gram perhari. Jika, ingin mengkomsumsi makanan atau minuman yang manis sebaiknya memilih pemanis yang rendah kalori. Selain itu, disarankan untuk mengurangi komsumsi lemak, misalnya menjauhi gorengan atau bisa memilih susu rendah lemak.
Hal penting lainnya agar penyakit diabetes bisa dihindari/terkontrol adalah dengan  rutin berolah raga dan menghindari stress yang berlebihan. Karena dengan berolah raga lemak-lemak jahat diharapkan dapat berkurang yang nantinya akan memperlancar peredaran darah ke seluruh tubuh.
Selain penyakit diabetes melitus, penyakit jantung juga dapat timbul karena tingginya kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Sama dengan kencing manis, kolesterol jahat yang menumpuk di dalam tubuh dalam jangka waktu yang lama akan memunculkan plak yang akan menghambat peredaran darah ke seluruh tubuh terutama area jantung. Baca Juga: Cara Mudah dan Ampuh Menurunkan Kolesterol Jahat Dalam Tubuh

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penderita Diabetes Berisiko Tinggi Untuk Terkena Penyakit Jantung"

Posting Komentar