Anda Nyeri Dada? Bisa Jadi Anda Mengidap Angina Pectoris

Anda sering merasakan dada rasa terbakar seperti diremas dan berat? Biasa jadi Anda terkena angina pektoris! Apa itu angina pectoris? Angina pectoris adalah nyeri dada yang ditimbulkan karena iskemik miokard (kekurangan oksigen pada otot jantung) tanpa kematian sel dan sifatnya sementara.
Bagaimana terjadinya nyeri dada pada jantung (angina pectoris) ini?  Angina pectoris atau nyeri dada terjadi karena ketidak seimbangan antara suplai dan kebutuhan oksigen pada otot-otot jantung.

Lalu, apa penyebab/etiologi dari angina pectoris (nyeri dada) ini? penyebabnya ada bermacam-macan, bisa karena: hipertensi (tekanan darah tinggi), anemia, gangguan irama jantung, gagal jantung, syok, penyakit katup aorta, atheroskeloris arteri koroner dan bisa juga karena penyempitan arteri koroner. Baca Juga: Beberapa Gangguan Penyebab Nyeri Dada Sebelah Kiri

Apa tanda dan gejala angina pectoris ini?  seperti disebutkan diatas ciri dari penyakit ini adalah adanya rasa terbakar seperti diremas dan berat di daerah dada, leher, dagu, lengan kiri hingga ke belakang punggung dan daerah perut, sukar bernafas, lemas, mual, pucat, keringat dingin, peningkatan frekwensi denyut nadi (takikardia) dan biasanya tekanan darah naik.
Pemeriksaan apa yang dilakukan untuk memastikan bahwa kita mengidap angina pectoris?  Anda bisa melakukan pemeriksaan laboratorium, biasanya pada pemeriksaan enzim jantung tidak terjadi kenaikan, kalau ada kenaikan berarti anda kemungkinan terkena infark miokard (kematian otot jantung), Anda juga bisa melakukan pemeriksaan rekam jantung (EKG) dari pemeriksaan tersebut biasanya didapati gambaran ST depresi (pada gambaran S dan T terjadi penurunan digelombangnya) dan biasanya ada perubahan pada gelombang T.  
Komplikasi dari Angina pectoris?  Biasanya angina pectoris yang tidak diobati dengan baik bisa menimbulkan kematian otot jantung (Infark Miokard), gagal jantung, kelainan jantung dan kelainan multi organ.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Anda Nyeri Dada? Bisa Jadi Anda Mengidap Angina Pectoris"

Posting Komentar