Apakah Penyakit Jantung Dapat Diturunkan?

Apakah penyakit jantung dapat menurun ke anggota keluarga yang lain? Merupakan pertanyaan yang lazim ditanyakan seseorang yang biasanya memiliki riwayat penyakit jantung pada keluarganya. Menjawab pertanyaan ini, secara garis besar peluang Anda untuk terkena penyakit jantung lebih besar dibandingkan orang lain, jika Anda memiliki orang tua atau anggota keluarga lainnya yang mengidap penyakit jantung koroner.
Mengapa penyakit jantung koroner dapat diturunkan? Karena ternyata ketidaknormalan pada produksi lemak (lipid) ini bisa diwariskan, seseorang yang mempunyai keluarga terkena penyakit jantung koroner berpeluang besar memiliki tingkat LDL  (kolesterol jahat) yang tinggi atau tingkat HDL (kolesterol baik) yang lebih rendah. Dimana kedua faktor tersebut (LDL dan HDL) berpengaruh besar terhadap timbulnya penyakit jantung koroner. Baca Juga: Anda Berisiko Terkena Penyakit Jantung, Jika Ada 7 Faktor Ini


Selain hal di atas, faktor yang tidak kalah menentukan terhadap timbulnya penyakit jantung adalah faktor kebiasaan. Dimana faktor kebiasaan ini biasanya terbentuk di dalam unit terkecil dalam masyarakat, yaitu keluarga. Bila kita memiliki Ayah seorang perokok maka kita berpeluang besar untuk menjadi seorang perokok. Bila dalam keluarga biasa mengkomsumsi makanan berkadar garam tinggi (yang dapat menimbulkan tekanan darah tinggi) maka biasanya Anda juga mengkomsumsi makanan serupa. Bila dalam keluarga kita terpola jarang melakukan olahraga maka kita juga berpeluang untuk melakukan hal yang sama. 
Itulah dua alasan mengapa penyakit jantung dapat di turunkan. Selain karena faktor biologis juga faktor kebiasan dalam keluarga. Oleh karena itu, bagi Anda yang memiliki riwayat keluarga yang menderita penyakit jantung, ada baiknya Anda untuk memutuskan rantai penyakit mematikan ini, seperti: menjaga pola makan, rutin berolah raga, menghindari stres dan istirahat yang cukup.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apakah Penyakit Jantung Dapat Diturunkan?"

Posting Komentar