Beberapa Istilah Penyakit Jantung Yang Wajib Anda Ketahui

Istilah-istilah dalam penyakit jantung seringkali membingungkan kita. Penyakit jantung yang merupakan salah satu penyakit paling mematikan di dunia ini seringkali kita baca atau dengar menggunakan istilah yang ‘asing’ bagi masyarakat awam. Itu sebabnya, banyak masyarakat awam menjadi susah untuk memahami penyakit satu ini.
Berikut beberapa istilah dari penyakit jantung yang layak untuk Anda ketahui bahkan untuk Anda pahami:
1.  Aterosklerosis: dari namanya saja kita sudah berkerut melapalkan namanya. Sekilah jika Anda tidak jeli, istilah ini seperti osteoporosis atau kerapuhan tulang, padahal Aterosklerosis adalah: penyumbatan sebagian atau total dari satu atau lebih di arteri koroner, dimana penyakit aterosklerosis ini merupakan penyebab utama serangan jantung dan stroke. Baca Juga: Bahan Alami Yang Ampuh Mengobati Penyakit Aterosklerosis

Mengapa aterosklerosis dapat menyebabkan serangan jantung? Seperti disebutkan di atas penyakit ini menyumbat sebagian atau total pembuluh darah di arteri koroner, dimana dengan tersumbatnya pembuluh darah ini maka secara otomatis peredaran darah yang akan menghantarkan nutrisi penting buat ke jantung tidak akan sampai sehingga jantung akan mengalami ‘kelaparan’ pada selnya yang ujung-ujungnya akan mengalami kegagalan fungsi jantung.
2.  Aritmia: ini merupakan penyakit jantung yang paling umum diderita penyakit jantung. Dimana aritmia ini sendiri adalah gangguan irama jantung. Bagaimana mengetahui adanya aritmia pada tubuh kita? cara sederhana Anda dapat melakukan pemeriksaan rekam jantung atau dalam dunia medis menyebutnya sebagai EKG. Dalam perekaman jantung tersebut akan terlihat adanya gangguan irama jantung, bisa terlihat adanya iskemia (Kekurangan kadar oksigen) pada jantung, terlihat adanya Infark (kematian jaringan otot jantung) dan sejumlah gangguan irama jantung lainnya.

3.  Kardiomiopati: adalah penyakit jantung yang ditandai dengan inflamasi (peradangan) dan penurunan fungsi otot jantung.
4.  Endokarditis: adalah infeksi bakteri pada bagian dalam jantung atau pada katup jantung.
5.  Kelainan jantung kongenital: kelainan pada jantung yang sudah ada sejak lahir; sekitar 30.000 bayi lahir tiap tahunnya dengan salah satu dari tiga lusin kelainan berbeda.
6.  Gagal jantung kongestif: biasa dikenal juga dengan CHF (Congestif Herat Failure) yang biasanya terjadi jika jantung tidak dapat memompa darah dengan efektif.
7.  Penyakit jantung rematik: kerusakan jantung yang disebabkan sistem daya tahan sebagai respon infeksi bakteri tertentu saat masa kanak-kanak.
8.  Penyakit katup jantung: terjadi karena kelainan katup jantung yang biasanya terjadi pada katup mitral atau katup aorta. Baca Juga: Enam Penyebab Kelainan Bentuk Pada Jantung

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Beberapa Istilah Penyakit Jantung Yang Wajib Anda Ketahui"

Posting Komentar