Begini Sistem Kerja Jantung Yang Patut Anda Ketahui

Walaupun ukuran jantung kecil, tapi jangan anggap sepele kerja organ satu ini. seperti kita ketahui, jantung merupakan salah satu orang paling aktif dalam tubuh. Dimana jantung dapat memompa 2,5 juta liter darah tiap tahun dengan frekuensi rata-rata 70 kontraksi per menit seumur hidup.
Jantung memiliki dua bagian yang dipisahkan oleh pemisah yang tidak berhubungan langsung. Tiap bagian memiliki dua ruangan, yaitu: atrium dan ventrikel. Dimana atrium adalah ruangan yang menerima darah dari vena, sedangkan ventrikuler yang lebih besar memompa darah ke arteri.

Atrium sendiri terdiri dari dua, yaitu: atrium sinistra (kiri) dan atrium dextra (kanan). Begitu juga dengan ventrikel yang terbagi menjadi dua bagian, yaitu: ventrikel sinistra dan ventrikel dextra.  Dimana keempat ruangan ini dipisahkan oleh katup. Yang mana katup ini dirancang untuk mencegah darah mengalir balik, ketika jantung berkontraksi. Katup trikuspidalis dan mitral berada diantara atrium dan katup pulmonal serta katup aorta  terdapat pada pangkal ventrikel.

Pergerakan jantung sendiri dalam mengalirkan darah ditimbulkan oleh sel khusus dalam otot jantung yang dinamakan autoritme karena mampu secara spontan menimbulkan dan mengalirkan rangsangan listrik. Dengan rangsangan listrik tersebut, jantung akan bergerak untuk mengalirkan darah baik aliran darah pulmonal (paru) maupun ke aliran darah sistemik (seluruh tubuh).
Walaupun saraf atau pengaruh hormon dapat merubah ritme jantung, ritme ini pada dasarnya diatur oleh sel tertentu dalam otot jantung yang mampu mengalami depolarisasi secara spontan dan mengeluarkan rangsangan listrik 70 sampai 80 kali permenit.
Ketika fase istirahat otot jantung (fase relaksasi) darah akan memasuki atrium, lalu setelah katup atrioventricularis terbuka, langsung mengalir ke ventrikel dan mengisi 70% kapasitasnya. Pada fase inilah tekanan darah (diastole) tercipta. Jika Anda bingung apa itu diastole, maka diastol itu adalah suara terakhir dari tekanan darah yang terdengar. Misalnya tekanan darah Anda 120/80 mmHg, maka 80 itulah diastole. Sedangkan sistole adalah 120 dari 120/80 tersebut. tekanan  sistole sendiri terjadi karena atrium berkontraksi, ia mengeluarkan darah di dalamnya untuk mengisi ventrikel.Baca Juga: Pengobatan Terbaik Untuk Penderita Hipertensi
Darah yang dipompa oleh jantung bersirkulasi secara tetap dalam arteri (pembuluh darah yang mengalirkan darah keluar jantung) dan vena (pembuluh darah yang mengantarkan darah menuju jantung). Dimana arteri dan vena bercabang menjadi pembuluh darah kecil yang selanjutnya bercabang lagi menjadi sangat kecil yang disebut dengan pembuluh darah kapiler.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Begini Sistem Kerja Jantung Yang Patut Anda Ketahui"

Posting Komentar