Cara Mudah Mencegah Penyakit Jantung

Anda ingin terhindar dari penyakit jantung? Pasti rata-rata dari kita menjawab Iya. Seperti kita tahu, penyakit mematikan ini memang telah banyak menelan korban jiwa tanpa pandang bulu. Lalu, bagaimana caranya agar kita terhindar dari penyakit jantung ini? Sebenarnya penyakit jantung ini dapat kita hindari dengan beberapa langkah sederhana. Apa saja itu? Berikut faktor-faktor yang dapat menurunkan resiko terkena penyakit jantung:
Jaga tekanan darah Anda
Untuk menghindari penyakit jantung maupun serangan jantung sebaiknya jaga tekanan darah Anda. Karena dengan tekanan darah tinggi atau dalam dunia medis disebut dengan hipertensi ini, maka Anda berpeluang besar untuk terkena penyakit jantung. Mengapa penderita tekanan darah tinggi berisiko besar terkena penyakit jantung? Karena dengan tekanan darah tinggi, jantung akan ‘dipaksa’ untuk bekerja keras. Sehingga jantung akan menjadi lemah dan melar dikarenakan dipaksa terus menerus untuk bekerja keras yang ujung-ujungnya bisa ditebak sendiri jantung akan mengalami kegagalan dalam memenuhi kebutuhan tubuh yang sering diartikan dengan gagal jantung. Baca Juga: Cara Sehat Dalam Menurunkan Tekanan Darah Anda

Untuk menjaga tekanan darah dalam rentang normal ada baiknya kita mengkomsumsi makanan rendah lemak, mengurangi makanan yang mengandung garam, menghindari makanan cepat saji maupun berpengawet, banyak mengkomsumsi buah dan sayur, hindari stress, cukup istirahat dan rutin berolah raga.
Jaga Berat Badan
Apa hubungan antara berat badan dan penyakit jantung? Seseorang yang memiliki berat badan berlebih biasanya berpengaruh besar terhadap tekanan darah (umumnya tekanan darah tinggi) dan tingginya kadar kolesterol dalam tubuhnya. Selain masalah di atas dengan tubuh yang berlebih (obesitas) akan dapat membebani kerja jantung dikarenakan tumpukan lemak dalam tubuhnya. Untuk itu, untuk terhindar dari penyakit jantung ada baiknya Anda menjaga berat badan Anda. Baik dengan menjaga pola makan juga rutin melakukan olah raga. Baca Juga: Mengapa Orang Kurus Dapat Mengidap Kolesterol Tinggi?
Hindari Merokok

Merokok dan meminum-minuman beralkohol sangat tidak baik buat jantung.  Perlu diketahui resiko terkena serangan jantung pada perokok lebih dari dua kali lipat dibandingkan dengan yang bukan perokok.
Hindari Stres
Setiap orang pasti merasakan stres, tapi yang perlu dicatat disini adalah perlunya Anda untuk memanajemi tingkat stres Anda agar tidak berkelanjutan. Stres yang berlebihan tidak baik buat kesehatan jantung. Dimana stres akan membuat jantung berdenyut lebih kencang dari biasanya. Bisa dibanyangkan jika kita terus menerus mengalami stres maka lama kelamaan jantung akan merasa ‘lelah’ karena bekerja lebih keras dari biasanya.
Aktif dalam beraktifitas
Seseorang yang tidak aktif berisiko dua kali lipat terkena serangan jantung dibandingkan dengan orang yang aktif.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mudah Mencegah Penyakit Jantung"

Posting Komentar