Cara Sehat Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Adakah cara menurunkan tekanan darah tinggi selain mengkomsumsi obat? Seperti kita ketahui seseorang yang mengalami tekanan darah tinggi (hipertensi) berpeluang besar untuk menderita penyakit jantung. Dimana penyakit hipertensi ini akan menyebabkan kelelahan pada jantung bila terus menerus tidak diobati. Oleh karena itu pengobatan hipertensi wajib dilakukan, jika kita ingin terhindar dari penyakit mematikan ini. Kebanyakan dari kita lebih memilih mengkomsumsi obat untuk pengobatan hipertensi dari pada alternatif penurun tekanan darah lainnya. Padahal ada cara lain yang lebih sehat dan aman dilakukan dalam menurunkan tekanan darah. Baca Juga: Cara Alami Ampuh Mengobati Hipertensi Dan Kolesterol Jahat Dalam Tubuh . Apa saja tindakan atau kegiatan itu. Berikut kegiatan atau aktivitas yang dapat menurunkan tekanan darah yang tinggi:
1.  Mengusahakan berat badan yang sehat.
Dengan mengusahakan berat badan yang ideal, Anda akan mampu menurunkan tekanan darah sistolik 5 – 20 poin per penurunan 2 kg. 

2.  Makan sehat.
Makanan sehat disini yakni: berupaya mengkomsumsi buah-buahan, sayuran, produk susu rendah lemak dan makanan rendah lemak. Jika itu Anda lakukan maka Anda berpeluang besar untuk menurunkan tekanan darah sebesar 8 – 14 poin dari tekanan darah tinggi Anda.

3.  Membatasi asupan natrium dan garam.
Batasi penggunaan garam dan bahan yang mengandung garam hingga 2400 mg perhari, dimana saran penggunaan garam dalam sehari adalah 1,5 gram garam dapur atau berkisar setengah sendok teh saja. Jika Anda dapat membatasi garam maka Anda dapat menurunkan 2 – 8 poin dari tekanan darah Anda.
4.  Olah raga rutin.
Lalukan aktifitas fisik 30 menit dalam tiga kali seminggu, Anda juga dapat melakukan naik tangga dan berjalan setiap harinya jika Anda tidak memiliki waktu luang untuk berolah raga. Dimana aktifitas ini akan menurunkan tekanan darah 4 – 9 poin. 
5.  Membatasi komsumsi alkohol
Batasi mengkomsumsi akohol tidak lebih dari dua kali perhari untuk pria dan tidak lebih dari satu kali untuk wanita akan mampu menurunkan tekanan darah sebanyak 2 – 4 poin.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Sehat Menurunkan Tekanan Darah Tinggi "

Posting Komentar