Ini Sebabnya Gorengan Dapat Menyebabkan Penyakit Jantung Dan Kanker

Banyak yang tahu makan gorengan tidak baik buat kesehatan jantung. Tapi, walaupun demikian makanan ‘ringan’ ini sangat populer di Indonesia, baik tua maupun muda sangat menggemari makanan yang digolongkan dalam makanan junk food ini.
Mengapa makanan gorengan tidak baik buat kesehatan jantung kita? Hal ini didasarkan pada kandungan garam dan minyak di dalamnya. Seperti kita tahu, komsumsi garam yang ideal buat tubuh perharinya adalah: 1, 5 gram atau setara dengan setengah sendok makan saja. Lalu ada minyak dipakai untuk menggoreng gorengan agar matang, yang mana minyak yang dibuat menggoreng ini merupakan bahan yang paling mudah teroksidasi.

Menyangkut masalah garam dalam gorengan yang kita komsumsi memang terlihat sangat sedikit kita komsumsi padahal kalau digabung dengan makanan lain, maka diyakini kandungan garam yang kita komsumsi melebihi takaran ideal yang disarankan.Dimana menurut sebuah penelitian, komsumsi garam masyarakat Indonesia sekitar 15 gram setiap hari atau 10 kali lipat dari kebutuhan tubuh! Baca Juga: Mengapa Garam Dan Makanan Berlemak Tidak Baik Untuk Kesehatan Jantung

Seperti kita tahu, komsumsi garam berlebih akan menyebabkan timbulnya tekanan darah tinggi (Hipertensi) yang nantinya akan dapat berakibat pada timbulnya penyakit stroke bahkan sampai gagal jantung!
Sedangkan minyak yang dipakai untuk menggoreng gorengan ditenggarai meningkatkan jumlah kolesterol jahat dalam tubuh dan memicu penyakit kanker. meningkatnya kolesterol jahat dalam tubuh akan memudahkan terjadinya tumpukan plak pada pembuluh darah koroner yang nantinya bila berlangsung terus menerus akan menyebabkan timbulnya nyeri dada bahkan serangan jantung di karenakan tidak lancarnya aliran darah akibat tersumbatnya pembuluh darah oleh penimbunan kolesterol jahat.
Pertanyaan selanjutnya muncul? Bagaimana jika kita membuat sendiri gorengan di rumah? Apakah lebih aman? Dari segi pemilihan bahan makanan untuk membuat gorengan bisa dibilang relatif aman, tapi bagaimana dengan minyak yang kita pakai untuk menggoreng? Mungkin Anda berpikir bahwa minyak goreng yang kita pakai aman digunakan karena bersumber dari tumbuh-tumbuhan dan mengandung lemak tak jenuh seperti komposisi yang tertera diproduknya.
Tapi, tahukah Anda? Bahwa minyak yang dikatakan mengandung lemak tak jenuh tersebut ternyata akan berubah menjadi lemak jenuh ketika masuk ke tubuh manusia! Sehebat apapun produsen minyak goreng mengatakan produk mereka mengandung lemak tak jenuh, tetap saja ketika masuk masuk ke tubuh manusia minyak akan mengalami proses pencernaan alamiah yang nantinya akan berubah menjadi lemak jenuh!
Selain berisiko terkena penyakit jantung akibat mengkomsumsi gorengan yang berlebih, gorengan juga dapat memicu timbulnya sel kanker. Hal ini dikarenakan proses oksidasi yang terjadi pada bahan makanan mengandung karbohidrat seperti: kentang, singkong dan ubi. Dimana proses oksidasi ini dapat membentuk senyawa karsinogenik (pemicu kanker). 

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Ini Sebabnya Gorengan Dapat Menyebabkan Penyakit Jantung Dan Kanker"

  1. ternyata yang enak di mulut belum tentu baik untuk kesehatan

    BalasHapus