Manfaat Terdasyat Ikan Buat Kesehatan Jantung Anda

Sebenarnya untuk memelihara jantung agar selalu sehat tidaklah begitu sulit, salah satu cara yang dapat ditempuh agar organ penting (jantung) tersebut selalu dalam kondisi yang baik adalah dengan memilih makanan yang baik buat jantung itu sendiri, salah satu makanan yang dipercaya baik untuk organ vital tersebut adalah ikan.
Mengapa ikan baik buat kesehatan jantung? Karena ikan merupakan satu-satunya makanan yang mengandung omega- 3. Dimana seperti kita ketahui omega 3 merupakan asam lemak tidak jenuh ganda (polyunsaturated fatty acid atau PUFA) yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, dan sayangnya tubuh manusia tidak dapat memproduksi asam lemak omega- 3, sehingga perlu mengkomsumsinya melalui ikan. Yang mana manfaat utama dari omega 3 adalah memeperbaiki kadar lemak dalam tubuh sehingga terhindar dari penyakit jantung koroner. 

Kelebihan ikan dibandingkan makanan hewani lainnya, yaitu terletak pada sedikitnya kandungan kolesterol. Yang mana hal ini dipengaruhi oleh kandungan omega 3 tadi yang dapat membuat kolesterol selalu berada dalam keadaan normal. Kelebihan lainnya, PUFA atau asam lemak tidak jenuh ganda bermanfaat mengatasi masalah penyumbatan pembuluh darah (Aterosklerosis) dan penyakit jantung koroner (PJK).
Apakah hanya itu kehebatan ikan dan omega 3 yang terkandung didalamnya? Tidak! Omega 3 yang terdapat dalam ikan juga berperan penting dalam mencegah denyut jantung yang tidak teratur, mengurangi plak lemak dalam pembuluh darah arteri, meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh (HDL), menurunkan trigliserida (lemak darah), menurunkan pembekuan darah dan mengurangi peradangan. Selain itu omega 3 juga mencegah kerusakan atau penyumbatan pembuluh darah sehingga organ-organ di dalam tubuh lebih sehat.
Untuk mendapatkan hasil yang disebutkan di atas sebaiknya komsumsilah ikan minimal dua kali dalam seminggu atau sekitar 500 mg sehari. Selain itu, perhatikan juga dalam memasaknya, karena cara memasak mempengaruhi fungsi ikan dalam melindungi jantung Anda. Cara terbaik memasak ikan adalah dengan cara di bakar, direbus, dipanggang atau dimasak dengan menggunakan microwave. 

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Manfaat Terdasyat Ikan Buat Kesehatan Jantung Anda"

  1. Sebenarnya saya gak suka makan ikan dan daging karena amis,tapi setelah baca dari refferensi diatas membuat saya jadi berfikir untuk harus makan ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, saya juga sebenarnya tidak menyukai ikan, tapi perlahan 'memaksa' diri untuk makan ikan yang mana banyak sekali manfaatnya buat kesehatan kita, terutama buat jantung kita

      Hapus