Mengapa Garam Dan Makanan Berlemak Tidak Baik Buat Kesehatan Jantung Kita?

Anda pasti sering mendengar kalau garam dan makanan berlemak tidak baik buat kesehatan jantung kita. Lalu, mengapa kedua makanan tersebut dilarang untuk dikomsumsi bagi seseorang yang ingin menghindari penyakit jantung? Berikut alasan mengapa makanan yang mengandung garam berlebih dan makanan berlemak  tidak baik buat kesehatan jantung Anda.
Pada dasarnya, dalam tubuh bukan garam dapur yang kita butuhkan, tapi natrium atau sodium didalam garam dapurlah yang kita perlukan. Dimana sodium ini berguna untuk menjaga keseimbangan elektrolit dan cairan tubuh. Tapi, jika dikomsumsi berlebihan garam dapur justru jadi bomerang bagi tubuh kita terutama untuk organ jantung kita. Baca Juga: Daging Olah Meningkatkan Resiko Terkena Penyakit Jantung

Mengapa garam dapur yang berlebihan berbahaya bagi kesehatan jantung kita? Sebelum menjabarkan alasannya, perlu diketahui masyarakat Indonesia dalam mengkomsumsi garam dapur sangat berlebihan, dimana komsumsi rata-rata garam dapur kita nyaris sepuluh kai lipat dari kebutuhan tubuh, yakni sekitar 15 gram setiap harinya!

Garam dapur yang dikomsumsi secara berlebihan dapat mengakibatkan hipertensi atau peningkatan tekanan darah. Dimana jika dibiarkan terus menerus kebiasaan mengkomsumsi garam ini, maka lama kelamaan jantung akan membengkak. Mengapa? Karena darah tinggi akan memaksa jantung untuk memompa lebih kuat. Bisa dibayangkan jika itu terjadi selama bertahun-tahun, otot jantung akan kelelahan dan akan menjadi melar. Kalau sudah melar, bisa dipastikan daya pompanya akan semakin berkurang yang ujung-ujungnya menyebabkan kegagalan jantung.
Untuk itu, mulai sekarang batasilah komsumsi garam dapur, dimana idealnya dalam sehari kita dianjurkan untuk mengkomsumsi 1,5 gram garam dapur atau setara 1 ½ sendok saja!
Tidak jauh berbeda dengan penggunaan garam, pada makanan yang berlemak juga sebaiknya dihindari bagi kita maupun penderita jantung. Mengapa makanan berlemak harus dihindari untuk menjaga kesehatan jantung kita? karena makanan berlemak dipercaya mengandung kolesterol yang berlebih terutama kolesterol jahat. Seperti kita tahu, kolesterol jahat dapat menumpuk di pembuluh darah. Dengan menumpuknya kolesterol tersebut maka aliran darah menuju jantung ataupun keluar jantung akan terhambat. Dengan terhambatnya aliran darah menuju ke jantung maka kebutuhan nutrisi ke jantung akan berkurang yang berakibat terhadap kesehatan jantung Anda. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengapa Garam Dan Makanan Berlemak Tidak Baik Buat Kesehatan Jantung Kita?"

Posting Komentar