Mengenal EKG Sang Perekam Gelombang Jantung Yang Dapat Mendiagnosis Penyakit jantung

Salah satu pemeriksaan jantung yang paling sering digunakan untuk menegakkan sebuah diagnosa penyakit jantung adalah elektrokardiogram atau yang lebih dikenal dengan rekam jantung atau EKG. Dimana pemeriksaan rekam jantung atau EKG ini memiliki kemampuan mendiagnosis atau mengenal hampir sebagian besar adanya kelainan irama jantung.
Lalu, Apa sebenarnya elektrokardiogram atau ekg ini? Ekg atau rekam jantung adalah rekaman listrik jantung yang diperoleh dengan bantuan elektroda yang ditempel di permukaan tubuh seseorang. Dimana dari rekam jantung tersebut akan terbaca keadaan irama jantung seseorang. Baca Juga: Cara Mudah Membaca EKG Atau Rekam Jantung

Muncul pertanyaan mengapa EKG atau rekam jantung ini sangat sering dilakukan untuk menengakkan diagnosis penyakit jantung? Seperti disebutkan di atas, pemeriksaan EKG ini memang memiliki kemampuan mendeteksi adanya kelainan irama jantung, selain itu elektrokardiogram (EKG) juga praktis, relatif lebih murah dan lebih mudah untuk dilakukan.

Bagaimana cara kerja rekam jantung atau EKG ini? cara kerja EKG sebenarnya sederhana yaitu merekam aktivitas listrik jantung yang nantinya akan terekam dalam sebuah kertas. Dimana pada orang normal memiliki rangsangan listrik jantung dimulai dari nodus sinoatrial (SA) lalu ke atrioventriculer node (AV), berkas his dan ke serabut purkinje.
Apa saja yang dilihat atau dinilai dari gambaran EKG atau rekam jantung ini? pada umumnya dalam rekam jantung ini ada beberapa hal yang dinilai, yang biasanya dilihat dari gambaran: P, Q, R, S, T dan U. Sebagai gambaran P  adalah gambaran kerja atrium (depolarisasi) dan gelombang T merekam aktivitas ventrikel (repolarisasi). Yang dinilai pada gambaran P, Q, R, S, T dan U tersebut berapa lebar maupun tingginya sebuah gelombang tersebut. Dari beberapa penilaian akan terbaca apakah gambaran irama jantung penderita bermasalah atau tidak.
Bagaimana cara membaca EKG atau rekam jantung? Untuk dapat membaca gambaran Ekg atau rekam jantung ini tidaklah mudah. Diperlukan waktu yang tidak sebentar untuk mempelajarinya (dibeberapa postingan nantinya akan kami jabarkan cara membaca elektrokardiografi atau EKG dari dasar sampai selesai). Tapi secara umum dalam pembacaan elektrokardiografi harus mengetahui gambaran normal maupun ketidaknormalan gambaran P, Q, R, S, T dan U.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal EKG Sang Perekam Gelombang Jantung Yang Dapat Mendiagnosis Penyakit jantung"

Posting Komentar