Telapak Tangan Berkeringat Pertanda Sakit Jantung?

Benarkah telapak tangan berkeringat menandakan Anda menderita penyakit jantung? Bisa iya, bisa juga tidak. Mengapa? Karena tergantung dari asal muasal keluarnya keringat. Apakah murni karena penyakit jantung atau karena faktor lain. Untuk memastikan apakah Anda terkena penyakit jantung, Anda dapat melakukan pemeriksaan kesehatan di pelayanan kesehatan terdekat. Biasanya akan dilakukan pemeriksaan fisik pada Anda dan untuk menegakkan sebuah diagnosa akan dilakukan sejumlah pemeriksaan untuk memastikan Anda menderita sakit jantung, dimana pemeriksaan yang umum dilakukan adalah perekaman jantung atau EKG.
Jika tidak ditemukan kelainan pada jantung Anda, bisa jadi telapak tangan Anda yang sering berlebih atau biasa didunia medis menyebutnya dengan hyperhidrosis disebabkan oleh faktor lain, seperti: terdapatnya kelenjar keringat berlebih, stres, ketakutan, penyakit infeksi (Tuberkulosis), gangguan hormon maupun karena penggunaan obat-obatan tertentu yang memacu produksi keringat berlebih di telapak tangan. 

Oleh karena itu ada baiknya kita menggali adakah faktor di atas yang dapat menyebabkan telapak tangan maupun kaki Anda berkeringat berlebih. Sehingga dapat ditemukan solusi dari keluhan  yang Anda derita. Selain melalui pemeriksaan fisik maupun pemeriksaan EKG, Anda juga dapat mencocokkan tanda dan gejala penyakit jantung di bawah ini sebagai referensi apakah Anda menderita sakit jantung atau tidak?

Berikut Tanda dan Gejala umum penyakit jantung:
1.  Nyeri dada: biasa dirasakan di dada sebelah kiri lalu menjalar ke bagian lengan bawah kiri, kadang menjalar juga ke lengan kanan leher dan bisa menjalar ke daerah punggung/belikat. Dimana keluhan nyeri dapat berupa rasa berat di dada, rasa seperti tertindih, rasa ditusuk dan sebagainya. Baca Juga: Ciri Khas Nyeri Dada Pada Penyakit Jantung
2.  Sesak Nafas: sesak nafas merupakan petunjuk adanya ganguan pada jantung dan paru. Ini disebabkan oleh kekurangan oksigen dalam darah. Dimana pada penderita tertentu, terutama dengan penderita miokard sering sesak nafas pada malam hari. Kadang kesukaran bernafas tidak disadari sepenuhnya oleh penderita dikarenakan berlangsung secara perlahan-lahan dan secara tidak sadar penderita melakukan hal-hal yang sebetulnya usaha untuk menghilangkan gejala sesak nafas, seperti: menambah bantal waktu tidur.
3.  Edema/bengkak: merupakan salah satu tanda gagal jantung. Dimana edema ini dapat terjadi di kedua kaki, penderita mengalami kenaikan berat badan, merasakan celana atau sepatu menjadi sempit.
4.  Mudah Pingsan: merupakan gejala kelainan sistem kardiovasculer. Dimana pingsan atau singkop merupakan keadaan kehilangan kesadaran karena aliran ke otak yang berkurang.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Telapak Tangan Berkeringat Pertanda Sakit Jantung?"

Posting Komentar