Tes Tredmill: Pendeteksi Penyakit Jantung Koroner

Anda ingin mendeteksi penyakit jantung koroner? Salah satu cara terbaik yang relatif mudah dan aman adalah dengan pemeriksaan treadmill. Apa itu pemeriksaan treadmill? Seperti namanya pemeriksaan jantung ini dilakukan di atas treadmill (beberapa Rumah Sakit menggunakan sepeda) dengan memasangkan alat di sekitar dada dan perut Anda yang akan menangkap irama jantung Anda.
Bagaimana cara kerja dari pemeriksaan treadmill ini? Cara kerja tes tredmill adalah dengan memberikan beban atau stres pada jantung dengan cara meminta seseorang berjalan bahkan berlarisambil direkam irama jantungnya (EKG). Dimana tes ini dapat merekam adanya iskemia (aliran darah yang tidak cukup) di otot jantung.


Apa tujuan dari tes treadmill pada pemeriksaan jantung? Pada umumnya tes treadmill dilakukan untuk mengetahui adanya gangguan irama jantung, untuk melihat adanya ‘bibit’ penyakit jantung koroner pada Anda, untuk menentukan aktivitas atau kegiatan yang dapat dilakukan oleh penderita setelah terkena serangan jantung, untuk memberikan informasi atau gambaran tentang kemungkinan arah perjalanan penyakit jantung penderita dan untuk menilai tingkat resiko seseorang mengalami kejadian akut koroner dikemudian hari.
Apa saja yang perlu dipersiapkan pada pemeriksaan tes treadmill ini? Sebenarnya, tidak ada persiapan khusus yang mesti dilakukan, selain menjaga kondisi badan bugar pada saat pemeriksaan. Makan 2 atau 3 jam sebelum tes treadmill dan sebaiknya bagi Anda yang memiliki banyak bulu di area dada maupun perut untuk mencukurnya sebelum melakukan tes ini, karena area dada dan perut Anda akan ditempeli elektroda sebagai tempat merekam aktivitas jantung Anda. Selain itu, ada baiknya pada saat pemeriksaan hindari pikiran yang memicu stres, berpikirlah tenang agar pemeriksaan treadmill ini berjalan dengan lancar. Bagi Anda yang sehat, sering berolah raga biasanya pemeriksaan ini berlangsung lebih dari 12 menit, tapi bila Anda sudah mengidap penyakit jantung koroner, mungkin dibutuhkan waktu yang singkat yakni hanya 1 sampai 2 menit saja karena biasanya sudah nampak perubahan irama jantung pada pemeriksaan treadmill ini. Baca Juga: Jawab Tuntas Uji Latihan Pembebanan Jantung

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tes Tredmill: Pendeteksi Penyakit Jantung Koroner"

Posting Komentar