Tips Mencegah Terjadinya Penyakit Jantung Dan Cara Perawatannya

Setiap 5 detik terjadi serangan jantung diseluruh dunia, dimana sebagian besar serangan jantung tesebut berakhir dengan kematian. Selain itu, perlu diketahui satu dari dua orang di dunia akan menderita jantung. Penyebab tersering timbulnya penyakit jantung adalah dikarenakan pola makanan yang salah.
Lalu, apa yang dapat kita lakukan untuk mencegah penyakit jantung ini? Berikut tips untuk mencegah atau melakukan perawatan bagi Anda penderita penyakit jantung:
1.   Atur pola makan Anda
Dengan mengatur pola makan yang lebih sehat Anda berpeluang besar untuk mendapatkan jantung yang sehat. Pilihlah makanan yang baik buat kesehatan jantung, seperti: mengkomsumsi ikan, bayam, beras merah, coklat hitam, kacang-kacangan. Dan menghindari makanan cepat saji, makanan olahan maupun makan-makanan mengandung kolesterol jahat, seperti: makanan bersantan, margarin, jeroan sapi, keju, jeroan kambing, kerang maupun tiram, cumi-cumi, telur burung uyuh, bahkan gorengan. 


2.  Pantau berat badan Anda
Apa hubungannya antara berat badan dengan timbulnya penyakit jantung? Hubungannya terletak pada kerja jantung yang semakin berat jika tubuh Anda mengalami kegemukan. Dimana jantung bekerja lebih keras dibanding dengan mereka yang memiliki berat badan ideal atau kurus. Akibatnya otot jantung kiri akan terjadi penebalan. Jika sudah terjadi penebalan, biasanya akan diikuti dengan kegagalan jantung dalam menjalankan fungsinya sehingga akan menyebabkan jantung tidak mampu memenuhi kebutuhan tubuh, yang ditandai dengan sesak napas, irama jantung tidak teratur, rasa berdebar, bahkan bisa membuat kaki Anda bengkak.
Dari hasil sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Arizona Sarver Heart Center terungkap bahwa sebagian besar penderita obesitas akan mengalami pembengkakan jantung.
Untuk itu untuk mencegah atau meringankan kerja jantung lakukan usaha menurunkan berat badan secara alamiah dan sehat. Karena dengan menurunkan berat badan, Anda juga akan membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam darah.
3.  Rutin berolah raga
Usahakan untuk melakukan olah raga 3-4 kali/minggu selama 20-30 menit setiap kalinya. Lakukan olahraga seperti: berjalan, joging, bersepeda, berenang, aerobik maupun dansa. Dimana dengan olahraga, Anda dapat membakar antara 3.500 sampai 6.500 kalori dalam satu minggu.
4.  Istirahat dan tidur yang cukup
Dalam sehari idealnya kita membutuhkan istirahat/tidur selama kurang lebih delapan jam. Dengan istirahat/tidur kita memberikan waktu bagi tubuh untuk ‘meregenerasi’ sel tubuh dengan sel baru dan mampu ‘mengistirahatkan kerja organ tubuh. Tidur yang tidak cukup, meningkatkan peluang terjadinya kerusakan pada arteri dan resiko serangan jantung. Baca Juga: Mendengkur Dapat Menyebabkan Penyakit Jantung!
5.  Hindari stress
Stres adalah satu yang dapat memacu berbagai penyakit, tidak terkecuali penyakit jantung. Dimana apabila Anda mengalami stres kronis dapat mengganggu jantung Anda, kegiatan aktif dalam menurinkan stres dapat membuat jantung Anda lebih sehat. Untuk mengatasi stres, carilah akar permasalahannya lalu carilah solusi terbaik dalam memecahkan masalah yang dihadapi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Mencegah Terjadinya Penyakit Jantung Dan Cara Perawatannya"

Posting Komentar