13 Makanan Super Untuk Melindungi Kesehatan Jantung Anda

Kematian yang disebabkan penyakit jantung terus meningkat setiap tahunnya. Padahal, kita semua tahu penyakit ini sebagian besar di sebabkan pola makan yang tidak sehat. Untuk itu, kami akan menjabarkan makanan apa sajakah yang baik untuk dikomsumsi untuk mencegah penyakit jantung (kardiovasculer) ini.
Berikut Daftar makanan super yang baik untuk kesehatan jantung kita:
1.   Salmon
Salmon dan ikan berlemak lainnya seperti sarden (bukan makanan kalengan) dan makarel adalah superstar makanan sehat untuk jantung. Hal itu dikarenakan ikan ini  mengandung jumlah asam lemak omega-3 yang tinggi. Hal ini ditunjukkan dalam studi yang mana ikan tadi dapat menurunkan risiko aritmia (detak jantung tidak teratur) dan aterosklerosis (plak yang mengendap di arteri) dan menurunkan trigliserida. The American Heart Association merekomendasikan makan ikan  setidaknya dua kali seminggu. Asam lemak omega-3 juga tersedia sebagai suplemen diet. Jika dirasa ikan Salmon, sarden dan makarel dianggap mahal, Anda dapat memakan ikan kembung yang juga tinggi akan omega 3-nya. Baca Juga: Mau Terhindar Dari Penyakit Jantung? Komsumsi Ikan

2.  Oatmeal
Oatmeal adalah makanan tinggi serat, yang dapat menurunkan kolesterol. Dimana oatmeal Ini bertindak sebagai spons dalam saluran pencernaan dan menyerap kolesterol sehingga dieliminasi dari tubuh dan tidak diserap ke dalam aliran darah. Hanya tidak dianjurkan untuk mengkomsumsi oatmeal instan, yang sering mengandung gula. Biji-bijian lain seperti roti, pasta dan bubur jagung juga baik untuk jantung selama mereka masih mengandung seluruh biji-bijian.

3.  Blueberry atau Stoberi
Tidak hanya blueberry, tapi stroberi dan berry lainnya juga baik untuk kesehatan jantung. Menurut sebuah penelitian baru-baru ini, wanita berusia 25 melalui 42 yang makan lebih dari tiga porsi blueberry dan stroberi seminggu memiliki risiko 32% lebih rendah dari serangan jantung dibandingkan dengan mereka yang makan kurang. Para penulis studi tersebut mengkaitkan manfaat untuk senyawa yang dikenal sebagai anthocyanin, flavonoid (yang merupakan antioksidan) yang dapat menurunkan tekanan darah dan melebarkan pembuluh darah. Anthocyanin merupakan senyawa yang memberikan tanaman warna merah dan biru.
4.  Coklat hitam (Dark Choclate)
Beberapa penelitian sekarang menunjukkan bahwa coklat hitam dapat bermanfaat bagi jantung Anda. Pada tahun 2012 yang menemukan bahwa konsumsi cokelat harian bisa mengurangi serangan jantung non fatal dan stroke pada orang berisiko tinggi untuk masalah ini. Temuan diterapkan hanya untuk dark chocolate, yang berarti coklat terdiri dari setidaknya 60-70% kakao. Dark chocolate mengandung flavonoid yang disebut polifenol, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah, pembekuan, dan peradangan.
5.  Jeruk Dan Anggur
Wanita yang mengkonsumsi jumlah tinggi flavonoid yang ditemukan dalam jeruk dan anggur memiliki risiko 19% lebih rendah terkena stroke iskemik (disebabkan oleh bekuan) dibandingkan perempuan yang tidak mendapatkan banyak senyawa ini, sebuah penelitian baru menemukan. Buah jeruk juga tinggi vitamin C, yang telah dikaitkan dengan rendahnya risiko penyakit jantung. Waspadalah terhadap jus jeruk yang berisi tambahan gula.
6.  Kedelai
Produk kedelai, termasuk tahu dan susu kedelai, adalah cara yang baik untuk menambahkan protein untuk diet Anda tanpa lemak yang tidak sehat dan kolesterol. Produk kedelai mengandung kadar tinggi lemak tak jenuh ganda (baik untuk kesehatan Anda), serat, vitamin, dan mineral. Terlebih lagi, kedelai dapat mengurangi tekanan darah pada orang yang makan diet tinggi karbohidrat olahan. Dan dibandingkan dengan susu atau protein lainnya, protein kedelai benar-benar dapat menurunkan LDL atau kolesterol "buruk".
7.  Kentang
Tidak ada alasan untuk menghindari kentang, selama mereka tidak digoreng, kentang bisa baik bagi jantung Anda. Mereka kaya kalium, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Dan mereka tinggi serat, yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Mereka jelas bukan makanan sampah atau karbohidrat olahan, Mereka memiliki banyak manfaat kesehatan.
8.  Tomat
Seperti kentang, tomat tinggi akan kalium yang baik untuk kesehatan jantung. Plus, mereka sumber yang baik dari antioksidan lycopene. Lycopene adalah karotenoid yang dapat membantu menyingkirkan kolesterol "buruk", menjaga pembuluh darah tetap terbuka, dan risiko serangan jantung lebih rendah.
9.  Kacang-kacangan
Ini termasuk almond, walnut, pistachio, kacang tanah dan kacang macadamia, yang semuanya mengandung serat. Mereka juga mengandung vitamin E, yang membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Dan beberapa, seperti kenari, yang tinggi asam lemak omega-3. "Beberapa orang di masa lalu telah dihindari kacang karena mereka lebih tinggi lemak yang dinyakini dapat menggemukkan badan, tetapi sebagian besar studi menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi kacang harian ternyata lebih ramping daripada orang yang tidak mengkomsumsinya. Dimana orang-orang lebih ramping berada pada risiko yang lebih rendah untuk masalah jantung.
10.Minyak Zaitun
Dalam sebuah studi, orang yang berisiko tinggi untuk penyakit jantung yang mengikuti diet Mediterania (tinggi dalam biji-bijian, buah-buahan, sayuran) dilengkapi dengan kacang-kacangan dan setidaknya empat sendok makan sehari minyak zaitun dapat mengurangi risiko terkena serangan jantung, stroke, dan kematian sebesar 30%. Minyak zaitun adalah sumber lemak tak jenuh tunggal, yang dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dan gula darah. Zaitun sendiri, baik yang berwarna hijau dan hitam adalah sumber lemak yang baik. 
11.Teh Hijau
Lama menjadi favorit di Asia, teh hijau telah tumbuh dan lebih populer di Barat dan dapat membawa  manfaat kesehatan yang signifikan. Satu studi baru menemukan bahwa orang yang minum empat atau lebih cangkir teh hijau setiap hari memiliki 20% penurunan risiko penyakit kardiovaskular dan stroke dibandingkan dengan orang yang "jarang" menyerap minuman. Temuan menggemakan penelitian sebelumnya yang menemukan tingkat yang lebih rendah dari kematian, termasuk kematian akibat penyakit jantung.
12.Sayuran Hijau
Sayuran hijau memang terkenal akan beragam manfaat, salah satunya adalah untuk kesehatan jantung Anda. Dimana sayur hijau Ini tinggi karotenoid, yang bertindak sebagai antioksidan dan membebaskan tubuh Anda dari senyawa yang berpotensi membahayakan Anda. Mereka juga tinggi serat dan mengandung vitamin dan mineral tinggi.
13.Kopi
Jika dikomsumsi secara teratur (tidak berlebihan), kopi  juga meningkatkan kesehatan jantung. Satu studi menemukan risiko 10 sampai 15% lebih rendah dari kematian akibat penyakit jantung atau penyebab lainnya pada pria dan wanita yang minum enam cangkir atau lebih kopi per hari. Penelitian lain telah menemukan bahwa  dua cangkir sehari bisa menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke sebesar 30%.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "13 Makanan Super Untuk Melindungi Kesehatan Jantung Anda"

Posting Komentar