Bahaya Minum Kopi Terhadap Kesehatan Jantung Anda

Apakah kopi berbahaya bagi kesehatan jantung? Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Harvard Health Publication, salah satu penyebab meningkatnya detak jantung secara signifikan disebabkan oleh kopi. Dimana kopi dianggap sebagai stimulan yang merangsang sistem saraf pusat yang menyebabkan jantung memompa darah lebih cepat.
Sementara dalam journal of Neurology (2002) disebutkan bahwa meminum kopi lebih dari 5 gelas sehari dapat menaikkan kadar trigliserida dan meningkatkan kolesterol jahat dalam tubuh. Yang mana jika berlangsung terus menerus akan menyebabkan endapan lemak, yang nantinya endapan lemak ini akan membuat pembuluh darah menjadi sempit. Kalau pembuluh darah sudah mengalami penyempitan maka resiko timbulnya penyakit jantung dan stroke akan menjadi besar. Baca Juga: Alasan Teh Hijau Dapat Mengobati Penyakit Jantung

Itulah sebabnya, bagi penderita hipertensi (tekanan darah tinggi), penyakit jantung,  ginjal dan stroke tidak dianjurkan untuk mengkomsumsi minum kopi lebih dari 1 gelas sehari.

Selain berefek negatif bagi penderita jantung, ginjal dan stroke, kafein yang terkandung dalam kopi juga dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, yakni: osteoporosis, keguguran bagi wanita hamil, timbulnya penyakit tukak lambung, tukak usus halus dan dapat menyebabkan mudah marah, depresi, cemas, sulit berkonsentrasi, dan insomnia.
Bagi Anda penderita hipetensi, penyakit jantung, ginjal dan stroke tapi tidak rela meninggalkan kebiasaan meminum kopi, sebaiknya mengganti kopi harian Anda dengan kopi dekafeinasi atau biasa juga disebut kopi decaf. Dimana kopi decaf ini adalah kopi yang telah dihilangkan sebagian besar kadar kafeinnya. Sehingga diharapkan dengan kurangnya kadar kafein akan mengurangi efek negatif yang ada di dalam kopi. Baca Juga: Makanan Dan Minuman Yang Dihindari saat Kolesterol Anda Tinggi

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bahaya Minum Kopi Terhadap Kesehatan Jantung Anda"

Posting Komentar