Cara Mudah Membaca Gelombang EKG

Cara membaca gelombang EKG – pada kesempatan kali ini kita akan belajar bagaimana cara membaca gelombang rekam jantung (EKG), mulai dari pembacaan gelombang P, gelombang Q, gelombang R, gelombang S, gelombang T sampai dengan gelombang U.
Sebelum ke materi ini, bagi Anda yang belum mengetahui Cara Membaca Kotak ECG , disarankan untuk membaca dan memahami materi tersebut, karena jika Anda belum memahaminya, maka akan sulit menerima materi pembacaan gelombang EKG ini.
Untuk membaca hasil gelombang EKG, Anda terlebih dahulu harus paham, apa itu gelombang P, gelombang, Q, gelombang R, gelombang S, gelombang T dan gelombang U.

Apa itu gelombang P pada EKG? Gelombang P adalah gambaran proses depolarisasi ( perubahan muatan ion di dalam sel dari negatif menjadi positif) atrium. Dimana gelombang P yang normal adalah: lebar kurang dari 0,12 detik (3 kotak kecil pada garis horizontal: garis datar), tinggi kurang dari 0,3 miliVolt (3 kotak kecil pada garis vertikal: garis ke atas), dimana gelombang P selalu postif di Lead II dan selalu negatif di lead AVR.
Apa itu gelombang QRS pada EKG? Gelombang Q, R, S adalah gambaran proses depolarisasi ventrikel. Dimana gelombang QRS yang normal adalah: Lebar direntang 0,06 sampai dengan 0,12 detik (1 ½ kotak – 3 kotak kecil pada garis horizontal) dan tinggi tergantung lead. Yang mana akan di bagi jadi 3 gelombang: Q, R dan S:
Apa itu gelombang Q pada EKG? Gelombang Q adalah defleksi negatif pertama pada gelombang QRS. Gelombang Q yang normal: lebar kurang dari: 0,04 detik (1 kotak kecil pada garis horizontal: garis datar) dan tinggi/dalamnya kurang dari 1/3 R. Dimana gelombang Q yang tidak normal (lebih dari 1/3 R) disebut Q Patologis yang menandakan adanya OMI (Old Miokard Infark: serangan jantung yang lama).
Apa itu gelombang R pada EKG? Gelombang R adalah: defleksi positif pertama pada gelombang QRS. Dimana gelombang R ini umumnya positif di lead I, II, V5 dan V6. Sedangkan dilead AVR, V1 dan V2 biasanya hanya kecil atau tidak ada sama sekali.
Apa itu gelombang S pada EKG? Gelombang S adalah: defleksi sesudah gelombang R. Dimana gelombang S ini akan akan terlihat dalam mulai dari lead AVR dan V1 tapi dari V2 ke V6 akan terlihat makin lama makin menghilang atau berkurang dalamnya.
Apa itu gelombang T pada EKG? Gelombang  T adalah: proses repolarisasi (perubahan muatan ion di dalam sel dari positif menjadi negatif) ventrikel. Umumnya gelombang T positif di lead I, II, V3 – V5 dan terbalik AVR.

Apa itu gelombang U pada EKG? Gelombang U adalah gelombang yang timbul setela gelombang T dan sebelum gelombang P berikutnya. Penyebab gelombang U masih belum diketahui namum diduga akibat repolarisasi lambat sistem konduksi interventrikel.
Selain gelombang yang disebutkan di atas, ada beberapa gelombang yang perlu diketahui, seperti:
Interval PR: mengukur waktu mulai dari awal depolarisasi atrium hingga awal depolarisasi ventrikel.
Interval QT: mengukur waktu mulai dari awal depolarisasi ventrikel hingga akhir repolarisasi ventrikel.
Segmen ST: merekam waktu dari mulai dari akhir depolarisasi ventrikel hingga awal repolarisasi atrium. 

Itulah tadi pengenalan dan pembahasan gelombang EKG, mulai: gelombang Q, R, S, T dan U. Selanjutnya kita akan masuk kepembahasan: Cara menilai EKG: Menghitung Frekwensi (Heart Rate) Pada Jantung .

Subscribe to receive free email updates:

5 Responses to "Cara Mudah Membaca Gelombang EKG "

  1. Terimakasi banyak materinya sangat berguna dan mudah dipahdipahami

    BalasHapus
  2. Dimana gelombang R ini umumnya positif di lead I, II, V5 dan V6. Sedangkan dilead AVR, V1 dan V2 biasanya hanya kecil atau tidak ada sama sekali.
    Tolong di jelasin apa yg dmksd dngan lead..
    Trimakasih, postingannya bagus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pada umumnya pemasangan EKG adalah memasang elektroda pada kaki dan dada untuk menciptakan perekaman 12 lead. Nah 12 lead maksudnya adalah banyaknya arah gelombang elektris jantung yang diukur, bukan jumlah kabel elektroda yang diletakkan pada pasien.
      Dimana 12 lead ini bisa dilihat di ujung atau sebelum adanya gelombang EKG, yaitu: I, II, III, AVL, AVF, AVR, v1, v2, v3, v4, v5, dan v6. Semoga bisa menjawab pertanyaan ^^

      Hapus
  3. Terimakasi banyak materinya sangat berguna dan mudah dipahami..step by step

    BalasHapus