Enam Penyebab Kelainan Bentuk Pada Jantung

Kelainan bentuk dari jantung dapat disebabkan berbagai hal. Dimana kelainan bentuk ini sangat mempengaruhi kerja jantung dan pada akirnya akan mempengaruhi kesehatan penderita itu sendiri. Berikut beberapa hal yang menyebabkan adanya kelainan pada anatomi (bentuk) dari jantung:
1.  Demam Rematik Akut (DRA)
Demam reumatik adalah suatu penyakit peradangan pada jantung yang mana dapat mengenai pada semua lapisan jantung mulai dari endokardium, miokardium dan perikardium. Dimana penyebab demam reumatik ini adalah virus streptococcus beta hemoliticus grup A disaluran nafas bagian atas (ISPA). Baca juga: Mengenal Demam Rematik Penyakit Yang Menyebabkan Jantung Sakit
Dimana gejala dari demam rematik ini adalah: penderita merasakan panas tinggi, adanya pembengkakan pada persendian besar, misalnya: lutut, bahu, siku, pergelangan tangan  atau kaki disertai warna kemerahan dan terasa panas.

Biasanya penyakit ini mulai menyerang pada anak-anak yang berumur 5-12 tahun, yang kira-kira 7-15 hari atau lebih lama sebelum terserang oleh demam rematik akut telah menderita infeksi oleh jenis bakteri Steptokokus hemolitikus yang menyerang bagian tekak, hidung, atau telinga atau ditempat lain.

2.  Penyakit Jantung Akibat Gangguan Peredaran Darah (GPD)
Penyakit jantung ini disebabkan oleh hal dibawah ini:
a.    Penyakit jantung hipertensif: pembesaran jantung kiri akibat tekanan darah yang meningkat secara terus menerus.
b.    Penyakit jantung akibat diperlukannya karbon dikosida yang besar dari jantung, misalnya pada penyakit anemia yang parah, aktivitas kelenjar gondok yang meninggi, penyakit paru-paru menahun, dan lain-lain.
3.  Penyakit karena infeksi oleh kuman-kuman yang ganas
Pada penyakit infeksi selalu ada kuman-kuman penyebab penyakit yang akan terbawa ke dalam peredaran darah. Dimana kuman-kuman tersebut dapat menyebabkan radang pada organ maupun jaringan yang dilalui darah, seperti pada organ jantung.
4.  Aterosklerose
Aterosklerose adalah suatu penyakit degeneratif pada arteri yang menyebabkan dinding arteri menjadi keras, antara lain akibat terjadinya pengapuran. Dimana sebagian besar aterosklerose ini disebabkan oleh makanan yang banyak mengandung banyak kolesterol dan lemak hewani.
5.  Kelainan Jantung Fungsional
Penyakit ini muncul oleh karena sistem saraf otonom yang sedang tegang. Dimana ketegangan ini dapat menyebabkan nyeri area dada, napas sesak, jantung berdebar-debar, bahkan ada yang mengatakan jantungnya seperti mau berhenti. Adapun sebab kelainan jantung fungsional ini adalah: kurang tidur, kebanyakan minum kopi, mengisap rokok, stres maupun alergi terhadap makanan.
6.  Penyakit Jantung Bawaan (PJB) atau Kelainan Jantung Kongenital (KJK)
Penyakit ini biasanya sudah ada sejak bayi dilahirkan, sebagai akibat dari terganggunya perkembangan jantung janin pada trimester pertama saat masa kehamilan. Baca Juga: Mengenal Penyakit Jantung Bawaan Yang Mematikan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Enam Penyebab Kelainan Bentuk Pada Jantung"

Posting Komentar