Penyakit Yang Ditimbulkan Akibat Komsumsi Garam Berlebih

Garam. Anda tentu tidak asing dengan bumbu satu ini. Bumbu ini selalu mendampingi masakan di diseluruh dunia, termasuk Indonesia. Kalau takarannya sesuai dengan yang dianjurkan (satu sendok teh perhari) maka ini tidak menjadi masalah, tapi kalau lebih dari yang disarankan maka beberapa penyakit akibat garam ini akan timbul.
Berikut beberapa penyakit yang ditimbulkan akibat komsumsi garam yang berlebihan:
1.  Tekanan darah tinggi (hiperensi)
Sejumlah penelitian membuktikan bahwa komsumsi garam berlebih dapat menimbulkan penyakit tekanan darah tinggi. Dimana hal ini dikarenakan tingginya kadar garam yang meningkatkan tekanan darah  dengan cara menyerap air ke dalam darah sehingga menaikkan tekanan pada dinding arteri. Baca Juga: Fakta Dan Mitos Dari Hipertensi

2.  Penyakit Jantung (Kardiovaskuler)
Hal ini berkaitan dengan tingginya tekanan darah yang memacu timbulnya penyakit jantung. Dimana dengan tekanan darah yang tinggi maka akan menyebabkan jantung bekerja ekstra keras untuk memompakan darah ke seluruh tubuh.


3.  Gangguan sistem pencernaan
Garam dapat ‘bekerjasama’ dengan bakteri h. Pylori yang masuk ke dalam tubuh. Dari kerjasama ini akan menyebabkan tukak lambung. Selain itu, komsumso garam berlebih juga dapat menyebabkan kurangnya jumlah pepsin (enzim pencernaan) di dalam lambung, sehingga dapat meningkatkan keasaman dan diare.
4.  Osteoporosis
Komsumsi garam berlebih dapat menghambat penyerapan kalsium dalam tubuh sehingga seseorang dapat dengan mudah terkena osteoporosis.
5.  Retensi cairan
Volume cairan dalam tubuh ditentukan oleh jumlah natrium. Jika terlalu banyak memakan garam akibatnya ginjal akan sulit menghilangkannya dan mengakibatkan tubuh mempertahankan cairan yang dapat memicu pembengkakan.
6.  Meningkatkan sekresi empedu
Selain menimbulkan tekanan darah tinggi, komsumsi garam berlebih dapat memacu peningkatan sekresi empedu yang mengakibatkan kepadatan darah semakin tinggi sehingga dapat mengurangi vitalitas. Selain itu, akan muncul keluhan wajah dan bibir kering bahkan kadang mengakibatkan sakit dan perdarahan di bibir. Baca Juga: Cara Alami Yang Ampuh Mengobati Hipertensi

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyakit Yang Ditimbulkan Akibat Komsumsi Garam Berlebih"

Posting Komentar