Apa Itu Pembesaran Jantung? Dan Bagaimana Penangannya?

Pembesaran jantung? Mungkin Anda kurang familiar mendengar penyakit ini. umumnya orang lebih sering mendengar penyakit jantung koroner atau bahasa kerennya adalah PJK. Pembesaran jantung atau kardiomegali adalah sebuah penyakit yang ditandai dengan membesarnya rongga jantung hingga lebih besar dari ukuran jantung normal, yakni lebih besar dari 55% rongga dada.
Bagaimana mengetahui kita menderita pembesaran jantung ini? umumnya pembesaran jantung ini diketahui melalui pemeriksaan foto Thoraks. Dimana dari pemeriksaan penunjang tersebut, akan terlihat pembesaran jantung kita. Dimana biasanya kardiomegali ini diakibatkan oleh pembesaran bilik jantung bagian kiri. Mengapa bagian bilik kiri? Karena pada bilik kiri jantung adalah tempat memompakan darah ke seluruh tubuh.

Pembesaran jantung itu sendiri meliputi otot-otot rongga. Dimana penyebab penyakit pembesaran jantung atau kardiomegali ini adalah tekanan darah tinggi atau hipertensi, penyakit jantung koroner, gangguan kerusakan otot jantung yang biasanya disebabkan oleh diabetes atau kencing manis dan penyakit katup jantung.

Lalu, apa tanda dan gejala dari pembesaran jantung atau kardiomegali ini? Tanda dan gejalanya adalah pusing, merasakan sensasi mau terjatuh, dan merasakan sesak nafas, terkadang mengalami pembengkakan pada tungkai dan pergelangan kaki.
Apa tindakan atau usaha yang dapat dilakukan untuk mengatasi kardiomegali ini? Bila positif dinyatakan sebagai penderita pembesaran jantung, maka Anda sebaiknya membatasi aktifitas yang dapat melelahkan jantung, seperti: berlari maupun mengangkat beban yang berat dan batasi makanan yang mengandung karbohidrat. Selain itu, sebaiknya konsultasikanlah penyakit Anda ini, sehingga dokter dapat segera memberikan obat untuk menguatkan jantung dan mengurangi jumlah cairan di dalam tubuh.
Tapi, bagi Anda yang ingin menghindari penyakit kardiomegali atau pembesaran jantung ini dapat melakukan olah raga yang rutin, menjaga pola makan (hindari makanan berlemak, mengandung garam tinggi, gorengan), mengurangi kebiasaan buruk (merokok dan meminum alkohol maupun minuman mengandung kafein), istrirahat yang cukup dan mengurangi stres.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Itu Pembesaran Jantung? Dan Bagaimana Penangannya?"

Posting Komentar