Cara Mudah Terhindar Dari Serangan Jantung Berulang

Bagaimana cara untuk terhindar dari serangan jantung berulang? Caranya cukup mudah, yaitu: dengan cara berolah raga. Olahraga teratur tidak hanya mengurangi kemungkinan terkena serangan jantung, tapi itu juga meningkatkan peluang Anda untuk tetap bertahan hidup. Para peneliti telah menemukan efek positif dari olah raga yang dilakukan secara rutin, dimana olahraga menjaga  harapan hidup setelah menderita serangan jantung.
Penelitian ini melibatkan lebih dari 2.061 orang dewasa yang telah menjalani tes stres treadmil sebelumnya dan memiliki riwayat serangan jantung pertama. Para ilmuwan dari Henry Ford Health, di Detroit, dan Johns Hopkins, di Baltimore, mengatakan:
"Kami tahu bahwa orang bugar umumnya hidup lebih lama, tapi kami sekarang memiliki bukti yang menghubungkan kebugaran untuk bertahan hidup setelah serangan jantung pertama," kata Dr Michael Blaha, asisten profesor kedokteran di Johns Hopkins University School of Medicine.

Para ilmuwan berfokus pada catatan medis dari orang-orang yang telah menjalani tes stres treadmill sebelum serangan jantung pertama mereka. Mereka dinilai menggunakan capaian MET. Dimana  skor MET berkisar dari satu sampai 12. Poin  satu dianggap setara dengan duduk di sofa, tiga dikaitkan dengan berjalan kaki, tujuh dengan jogging, 10 dengan tali skipping dan 12 dengan berlari.

Dari hasil penelitian ditemukan: mereka dengan skor MET dari 10 atau lebih tinggi sekitar 40 persen memiliki tingkat kematian yang  rendah setelah serangan jantung pertama dibandingkan dengan pasien yang lain. Mereka juga mengamati bahwa sepertiga dari 754 pasien dengan skor MET enam atau kurang meninggal dalam satu tahun serangan jantung pertama mereka. Baca Juga: Takut Terjadi Serangan Jantung Berulang? Manajemen Stres Anda
Secara keseluruhan, hasil menunjukkan penurunan delapan persen risiko kematian untuk setiap peningkatan seluruh nomor di skor MET setelah serangan jantung pertama.
Dr Blaha menekankan bahwa pasien bugar masih memiliki peluang untuk terkena serangan jantung tapi kemungkinan untuk meninggal sangat rendah dibandingkan penderita pada umumnya.
Perhatian: Bagi Anda yang pernah mengalami serangan jantung, sebaiknya menghindari olahraga yang berat. Untuk menentukan jenis olahraga yang sesuai dengan kondisi Anda, sebaiknya konsultasikanlah dengan dokter keluarga Anda. Karena jika Anda tetap nekat melakukan olahraga yang berat, bukan kesembuhan yang Anda dapat malah memperparah kondisi kesehatan jantung Anda.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mudah Terhindar Dari Serangan Jantung Berulang "

Posting Komentar