Diet Rendah Kolesterol Yang Baik Untuk Kesehatan Jantung Anda

Bagi Anda yang mempunyai kadar kolesterol tinggi pasti dibingungkan makanan apa saja yang boleh dimakan dan makanan apa saja yang mesti dihindari. Seperti kita ketahui kadar kolesterol yang tinggi tidak baik untuk kesehatan jantung kita, salah satu penyakit jantung yang muncul dari peningkatan kolesterol ini adalah penyakit jantung koroner (PJK).
Untuk itulah diet rendah kolesterol sangat dianjurkan untuk pengobatan penyakit jantung. Berikut beberapa makanan yang dianjurkan untuk penderita jantung, makanan yang dibatasi dan makanan yang mesti dihindari untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.
Diet rendah kolesterol diberikan kepada pasien yang memunyai kadar kolesterol atau kadar lemak dalam darah tinggi dengan atau tanpa penyakit lain. Baca Juga: Mengapa Makanan Kaleng Dapat Menimbulkan Penyakit Jantung

Berikut makanan yang dianjurkan untuk menurunkan kadar kolesterol:
1.  Makanan yang mengandung lemak tak jenuh: minyak yang berasal dari tumbuh-tumbuhan, minyak kacang tanah, minyak sawit, minyak jagung, minyak kedelai dan margarine.

2.  Makanan yang mengandung hidrat arang, seperti: nasi, nasi tim, bubur, roti, gandum, makaroni, pasta, jagung, kentang, ubi dan talas, havermout, sereal (hidrat arang yang banyak mengandung serta)
3.  Sumber protein, seperti: tempe, tahu, oncom, kacang-kacangan (kacang hijau, kacang tanah, kedelai), ikan dan ayam tanpa kulit.
4.  Sayuran yang tidak menimbulkan gas: bayam, buncis, labu kuning, labu siam, wortel, tauge, tomat maupun kacang panjang.
5.  Makanan yang tidak berlemak dan tidak menggunakan santan.
6.  Makanan yang ditumis lebih dianjurkan dari pada digoreng.
Makanan Yang Dibatasi Untuk menurunkan Kolesterol
1.  Sumber gidrat arang, seperti: mie, roti putih, ketan, kue-kue, cake, biskuit, pstries.
2.  Daging tanpa lemak 1x perminggu, ayam 3x per minggu, bebek, sarden (makanan kaleng) udang, cumi dan kuning telur 1x per minggu.
3.  Sayuran yang mengandung gas, seperti: kol, sawi, nangka muda, lobak
4.  Buah-buahan yang mengandung alkohol: nangka tua, anggur, nanas
5.  Makanan yang berlemak dan menggunakan santan kental, makanan yang digoreng.
6.  Minuman yang mengandung soda dan alkohol: teh kental, tape dan kopi.
Makanan yang dihindari untuk menurunkan kolesterol
1.  Makanan yang mengandung lemak jenuh: lemak sapi, babi, kambing, susu penuh (full kream), cream, keju, mentega.
2.  Daging berlemak (daging merah) dan jeroan: kambing, sapi, babi, otak, limpa, ginjal, hati, kuning telur, jantung, ham, babat, sosis, usus.
3.  Minuman yang mengandung soda dan alkohol: arak, ciu, bir, softdrink.
Pengaturan Diet
1.  Gunakanlah minyak kedelai, minyak sawit, minyak kacang tanah, atau minyak jagung dalam jumlah terbatas (1 sendok makan per hari).
2.  Penggunaan gading merah maksimum 2 kali seminggu. Paling banyak 50 gram tiap kali makan. Makanlah ikan sebagai pengganti daging. Gunakan daging kurus (keluarkan bagian yang berlemak).
3.  Batasi penggunaan kuning telur maksimum 2 kali per minggu.
4.  Makan banyak sayuran dan buah-buahan segar. Sebagian dari sayuran sebaiknya dimakan mentah atau sebagai lalapan (cuci bersih).
5.  Memasak dengan merebus, mengkukus, mengungkep, menumis, memanggang atau membakar.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Diet Rendah Kolesterol Yang Baik Untuk Kesehatan Jantung Anda"

Posting Komentar