Fakta Mengenai Tekanan Darah Yang Wajib Anda Ketahui

Tekanan darah seseorang terus berubah dari menit ke menit, tergantung pada apa yang dilakukan orang tersebut. Melakukan berbagai aktifitas akan meningkatkan tekanan darah dalam sekejap, tapi hanya sementara. Bila Anda duduk maupun maupundiam kembali akan dapat ‘mengendalikan’ tekanan darah Anda.Tekanan darah normal seharusnya kurang dari 120/80 mm Hg untuk orang dewasa berusia 20 tahun atau lebih, ini berarti maksimum (sistolik) batas harus 120 mm Hg dan minimum (diastolik) batas harus 80 mm Hg. Sebuah tekanan sistolik lebih tinggi biasa disebut tekanan darah tinggi adalah penyebab utama untuk penyakit kardiovaskular pada orang di atas usia 50 tahun. Pada kebanyakan orang, ada beberapa alasan lain seperti kekakuan arteri, penyakit pembuluh darah  dan penumpukan plak yang akan meningkatkan tekanan sistolik.

Berikut fakta tekanan darah yang mungkin Anda belum ketahui:
Tekanan darah bervariasi dari orang ke orang dan berbeda untuk semua kelompok umur juga. Salah satu penyebab utama tekanan darah adalah sejarah keluarga. Jika orang tua Anda atau sebagian besar kakek-nenek Anda memiliki tekanan darah tinggi maka kemungkinan besar  Anda akan mewarisi tekanan darah tingginya juga.

Penuaan, obesitas, kurang atau tidak ada kegiatan fisik  dapat menempatkan Anda pada risiko tinggi terkena hipertensi. Gaya hidup juga memiliki efek besar pada tekanan darah seperti terlalu banyak merokok, minum-minuman alkohol, makanan tidak sehat, dll, dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah.
Apakah Anda tahu bahwa tekanan darah tinggi juga disebut 'Silent Killer' karena sebagian besar penderita tidak memiliki gejala dari penyakit tekanan darah tinggi ini. Namun, jika tidak didiagnosis pada waktu yang tepat, akhirnya hipertensi ini akan merusak arteri dan organ-organ vital lainnya. Beberapa orang mungkin mengeluh sesak napas atau mimisan jika mereka menderita tekanan darah tinggi. Orang dengan tekanan darah rendah mungkin mengeluh pusing atau perasaan ringan, pandangan kabur, jantung berdebar tiba-tiba dan mual.

Lalu dapatkah tekanan darah dikendalikan? Jawabannya iya. Dengan beberapa penyesuaian dalam gaya hidup Anda, Anda dapat mengontrol tekanan darah Anda; Namun, Anda harus memantau secara berkala. Selain itu, makan-makanan yang sehat utamanya mengurangi asupan garam adalah langkah pertama menuju membatasi tekanan darah Anda. Lalu  menjaga berat badan, yang berarti orang dengan darah tinggi harus rutin berolah raga. Menghindari merokok dan minum alkohol berlebihan juga membantu melawan hipertensi. Istirahat atau tidur yang cukup, menghindari stres dan meminum obat yang diresepkan dokter dapat membantu Anda dalam mengontrol tekanan darah Anda. Baca Juga: Fakta Dan Mitos Seputar Tekanan Darah Tinggi

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Fakta Mengenai Tekanan Darah Yang Wajib Anda Ketahui"

Posting Komentar