Hubungan Antara Golongan Darah Dengan Timbulnya Penyakit Jantung Koroner

Apakah ada hubungan antara golongan darah dengan terjadinya Penyakit Jantung Koroner (PJK)? Ada sebagian orang yang mengatakan ada hubungan antara keduanya, tapi tidak sedikit yang menyatakan tidak ada hubungan diantara keduanya. Lalu, yang mana yang benar?
Penyakit Jantung Koroner (PJK) merupakan salah satu penyakit dengan angka kematian yang tinggi, baik di negara maju maupun dinegara berkembang, seperti: Indonesia. Dimana PJK adalah penyakit yang disebabkan oleh penyempitan arteri koroner, mulai dari terjadinya aterosklerosis maupun yang sudah terjadinya penimbunan lemak. Sedangkan golongan darah adalah ciri khusus darah dari suatu individu. Mengetahui hubungan keduanya sangatlah penting agar  dapat dilakukan tindakan maupun upaya apabila terdapat hubungan dikeduanya. Sehingga kasus PJK dapat ditekan atau bahkan dikurangi jumlahnya agar penyakit ini tidak lagi menjadi momok menakutkan bagi penderitanya.

Dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh Bagian Interna Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado yang dilakukan pada 42 pasien PJK yang melakukan pemeriksaan mulai bulan November hingga Desember 2012 di poliklinik Jantung BLU RSUP Prof. Dr. R. D Kandou, Manado disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan antara golongan darah dengan timbulnya penyakit jantung koroner.

Tapi, bukan berarti penelitian ini membuktikan bahwa tidak ada hubungan sama sekali antara golongan darah dengan timbulnya PJK. Dimana dalam penelitian tersebut terbatas pada subjek penelitian hanya diobservasi sekali saja sehingga hanya memperoleh gambaran sesaat sehingga tidak dapat menjelaskan hubungan sebab akibat antara variabel independen dan dependen.
Berbanding terbalik dengan penelitian di atas, menurut Meian He dkk dalam American Heart Association  tipe golongan darah ABO menjadi salah satu faktor risiko PJK.
Terdapat dua hasil riset berskala besar berdasarkan Nurses’ Health Study (NHS) yang melibatkan 62.073 perempuan dan Health Professionals Follow-up Study (HPFS) melibatkan 27.428 laki-laki. Golongan darah ABO secara bermakna dikaitkan dengan meningkatnya risiko PJK baik pada perempuan maupun laki-laki.
Golongan darah  O berpeluang lebih rendah untuk terkena PJK dibandingkan golongan darah A, B, dan AB. Menurut AHA (American Heart Association) peneliti dari Harvard Study menyimpulkan bahwa pemilik golongan darah AB berisiko 23 persen lebih besar atau paling rentan terserang penyakit jantung bila dibandingkan dengan orang-orang yang bergolongan darah B, A, O. Golongan darah B memiliki peningkatan 11 persen terkena PJK, dan yang paling kecil PJK adalah golongan O. Baca Juga: Mengejutkan! Ternyata 5 Makanan Ini Mengandung Kolesterol Tinggi

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Hubungan Antara Golongan Darah Dengan Timbulnya Penyakit Jantung Koroner"

  1. Beruntung juga yah yang type darah O ._. saya A :'v

    BalasHapus