Waspada! Anda Beresiko Terkena Penyakit Jantung, Jika Ada Tujuh Faktor Ini

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit penyebab kematian utama di dunia setelah penyakit kanker. Dimana dari Data WHO pada tahun 2014 menunjukkan fakta mencegangkan perihal kematian yang terjadi di Indonesia. Sekitar 600 ribu kematian di Indonesia banyak disebabkan oleh penyakit jantung.
Lalu, apa yang dapat kita lakukan untuk menangkal penyakit mematikan ini. salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menghindari penyakit jantung adalah dengan mengenali faktor resiko penyakit jantung. Apa saja faktor resiko penyakit jantung tersebut?
Berikut sembilan faktor resiko penyakit jantung:

1.  Kolesterol Tinggi:
Walaupun kolesterol diperlukan tubuh tapi jika terlalu banyak kolesterol di darah akan meningkatkan resiko serangan jantung. Karena kolesterol yang berlebihan dapat disimpan di pembuluh darah arteri. Penumpukan kolesterol atau plak di arteri dapat menyebabkan penyempitan arteri. Dimana kalau sudah terjadi sumbatan, maka darah yang kaya akan nutrisi buat jantung akan susah untuk mengalir ke area jantung sehingga jantung akan mengalami ‘kelaparan’ dikarenakan makanan melalui darah akan terhambat atau bekurang.
2.  Kurang Berolah raga:
Orang yang kurang berolah raga atau orang yang tidak aktif bergerak, akan berisiko dua kali lipat terkena serangan jantung dibandingkan dengan orang yang rutin berolah raga. Baca Juga: Begini Cara Berjalan Kaki yang Benar Agar Anda Terhindar Dari Penyakit Jantung

3.  Hipertensi:
Hipertensi mempunyai pengaruh pada berbagai organ tubuh, misalnya otak, ginjal, mata, dan juga jantung. Dimana hampir 70% penderita tekanan darah tinggi ini mempunyai komplikasi ke jantung. Baik itu ke jantung koroner atau dalam bentuk pembengkakan jantung.
4.  Obesitas atau kegemukan:
Berat badan berlebih akan mempengaruhi tekanan darah dan kolesterol darah, dapat menyebabkan diabetes dan dapat meningkatkan beban kerja jantung dan membebani jantung.
5.  Diabetes atau kencing manis:
Mengapa diabetes melitus dapat dijadikan faktor resiko penyakit jantung? Karena kencing manis dapat mempengaruhi kadar kolesterol dalam darah dan kadar trigliserida darah.
6.  Merokok dan Minum alkohol:
Resiko serangan jantung pada perokok lebih dari dua kali lipat dibandingkan bukan perokok sedangkan peminum aklohol dapat meningkatkan kerja jantung yang mana apabila berlangsung terus menerus akan menyebabkan ‘kelelahan’ pada organ jantung.
7.  Stres:
Semua orang pasti pernah merasakan stres. Tetapi, cara penanganannya pasti berbeda antara satu orang dengan orang lain. Terdapat bukti bahwa ada hubungan antara stres dan penyakit jantung. Baca Juga:Takut Terjadi Serangan Jantung Berulang? Manajemen Stres Anda

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Waspada! Anda Beresiko Terkena Penyakit Jantung, Jika Ada Tujuh Faktor Ini"

Posting Komentar