Waspada! Orang Berusia Muda Juga Bisa Mengalami Peningkatan Kolesterol

Kalau Anda berpikir kalau penderita kolesterol tinggi itu hanya pada orang tua saja, maka Anda salah! Karena faktanya pada remaja bahkan pada anak-anakpun bisa terkena peningkatan kolesterol jahat ini. Mengapa demikian? Salah satu yang dijadikan faktor terpenting dalam peningkatan kolesterol pada dewasa muda, remaja maupun anak-anak ini adalah adanya perubahan gaya hidup.
Berikut beberapa faktor yang menyebabkan seseorang yang berusia muda dapat terkena peningkatan kadar kolesterol:
1.  Makanan:
Faktor makanan memegang peranan penting dalam peningkatan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Seperti kita ketahui di zaman modern ini, dimana semuanya dituntut serba cepat. Hal ini menyebabkan makanan cepat saji yang menawarkan rasa yang enak dan praktis, menjadi makanan favorit bagi orang dewasa, remaja dan anak-anak. Tapi, sayangnya makanan praktis ini kaya akan lemak jenuh dan kadar kolesterol yang tinggi.

2.  Kurang Gerak/Aktifitas:
Fasilitas teknologi yang berkembang pesat membuat para remaja maupun anak-anak zaman sekarang menjadi kurang dalam pergerakan. Sebagian besar waktu orang dewasa dihabiskan di meja kerja, remaja dengan gadget dan anak-anak dengan siaran televisi sehingga mengakibatkan terjadinya peningkatan asam lemak jenuh yang akhirnya menaikkan kadar kolesterol dalam tubuh. Baca Juga: Mau Jantung Tetap Sehat? Mulai Sekarang Bergeraklah!

3.  Genetika:
Faktor satu ini tidak bisa dielakkan dalam terjadinya peningkatan kadar kolesterol. Hati yang memproduksi kolesterol terpengaruh erat dengan faktor genetik ini. Dimana ketidaknormalan dalam produksi lipid (lemak) dapat diwariskan. Maksudnya, kecendrungan untuk  memiliki tingkat LDL (kolestetol jahat) tinggi atau hdl (kolesterol baik) rendah.
4.  Obesitas:
Seperti kita ketahui, obesitas atau peningkatan berat badan berlebih dapat meningkatkan resiko terjadinya peningkatan kadar kolesterol tinggi bagi seseorang. Oleh karena itu jagalah berat badan ideal Anda, karena dari sejumlah penelitian terungkap fakta seseorang yang menurunkan berat badan akan membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam darah. Baca Juga: Apa Yang Dapat Anda Lakukan Untuk Mengurangi Resiko Gagal Jantung?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Waspada! Orang Berusia Muda Juga Bisa Mengalami Peningkatan Kolesterol"

Posting Komentar