Benarkah Mendengkur, Tanda Seseorang Menderita Penyakit Jantung?

Apakah ada hubungan antara mengorok atau mendengkur dengan penyakit jantung? – Bagi sebagian orang mengorok adalah hal yang biasa dilakukan apabila seseorang tidur. Kebanyakan dari kita mengartikan mengorok dengan tidur yang pulas atau lelap. Benarkah demikian?
Jika melihat dari sisi dunia medis, keluhan tidur yang paling berkaitan dengan kesehatan jantung adalah penyakit henti nafas atau dalam dunia medik disebut dengan obstructive sleep apnea. Dimana ciri utama dari penyakit ini adalah adanya dengkuran dan rasa kantuk yang berlebihan. 

Mengapa mengorok dapat menyebabkan timbulnya penyakit jantung? Saat seseorang mengalami sleep apnea, seseorang berpeluang untuk kekurangan oksigen dalam tubuhnya. Mengapa demikian? Karena saat mengorok atau mendengkur, jalan nafas biasa mengalami sumbatan sehingga oksigen yang diperlukan untuk tubuh akan susah masuk atau terhalang sama sekali. Jika kadar oksigen dalam darah menurun, maka kadar carbon dioksida (Co2) justu akan meningkat.

Jika kadar Co2 dalam tubuh meningkat maka secara otomatis akan mengaktifkan sensor tertentu yang akan memberikan sinyal ke otak bahwa kadar oksigen dalam tubuh menurun dan kadar karbon dioksida meningkat, sehingga otak melalui mekanismenya akan membangunkan tubuh untuk memerintahkan orang yang mengorok tersebut untuk bernafas.
Biasanya penderita akan terbangun, tapi tidak sampai terjaga. Sehingga biasanya penderita akan bangun berkali-kali sepanjang malam yang disebut dengan periode micro arousal yang mana kegiatan ini akan membuat kualitas tidur menjadi buruk, meskipun penderita tidur 7 sampai 8 jam sehari!
Kembali ke topik utama, bagaimana kejadian mengorok atau mendengkur dapat meningkatkan resiko seseorang untuk terkena penyakit jantung? Seperti disebutkan di atas, kejadian mengorok berpeluang menurunkan kadar oksigen dalam tubuh. Jika periode sleep apnea terlalu panjang maka menyebabkan kadar oksigen dalam tubuh benar-benar dalam kondisi yang kurang. Itu sama saja halnya dengan kurangnya asupan oksigen yang diperlukan tubuh. Padahal tubuh sangat memerlukan oksigen sebagai asupan ‘makanan’.

Dan salah satu organ tubuh yang sangat ketergantungan akan oksigen ini adalah organ jantung. Oksigen diperlukan untuk membersihkan darah kotor menjadi darah bersih dan oksigen diperlukan jantung sebagai sumber ‘makanan’ bagi otot jantung. Untuk itu, waspadalah terhadap dengkuran, karena ini merupakan salah satu tanda bahwa ada suatu ‘masalah’ yang terjadi ditubuh kita. baca Juga: Manfaat Tidur Yang Cukup Untuk Kesehatan Jantung Anda

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Benarkah Mendengkur, Tanda Seseorang Menderita Penyakit Jantung?"

Posting Komentar