Manfaat Tidur Yang Cukup Untuk Kesehatan Jantung Anda

Bagi anda yang ingin terbebas dari penyakit jantung, selain mengatur pola makan, rutin berolahraga dan menghindari stres, kita mesti memperhatikan pola istirahat dan tidur kita. Mengapa istirahat dan tidur penting bagi kesehatan jantung kita? Karena pada saat tidur Denyut jantung menurun antara 10 dan 30 denyut per menit. Hal ini menyebabkan penurunan tekanan darah sehingga kerja jantung menjadi berkurang. Selain itu, Sel-sel dan jaringan yang rusak yang biasanya menghasilkan racun juga menjadi kurang aktif saat tidur. Hal ini memberikan kesempatan bagi jaringan yang rusak untuk pulih kembali.

Keadaan sebaliknya terjadi, jika kita kurang istirahat dan tidur. Menurut sebuah penelitian bahwa seseorang yang tidurnya kurang dari enam jam tiap malamnya, maka tingkat protein inflamasi yang berada dalam darah lebih tinggi jika dibandingkan dengan orang yang tidurnya cukup. Dimana orang yang kurang tidur tersebut memiliki protein C-reaktif yang berhubungan dengan resiko untuk terkenanya serangan jantung.

Selain itu dari sebuah penelitian yang sejalan dengan penelitian di atas, seseorang yang berkerja lebih dari 24 jam dalam seminggu memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami serangan jantung. Dengan rincian, setiap satu jam kelebihan waktu lembur dalam sepekan, resiko akan mengalami serangan jantung akan semakin meningkat.

Hal di atas membuktikan bahwa istirahat dan tidur yang cukup diperlukan oleh tubuh, utamanya organ jantung anda. Dimana dengan tidur yang cukup (7 sampai 8 jam sehari) seseorang akan menurunkan resiko untuk terkena serangan jantung. Baca Juga: 5 Cara Mudah Membuat Jantung Tetap Sehat

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Tidur Yang Cukup Untuk Kesehatan Jantung Anda"

Posting Komentar