Takut Terjadi Serangan Jantung Berulang? Manajemen Stres Anda.

Apa yang dilakukan oleh seseorang yang pernah terkena serangan jantung? Selain rutin mengkomsumsi obat yang dianjurkan oleh tim medis, seorang penderita jantung juga harus menjaga pola makannya, menjaga gaya hidup sehat, rutin berolahraga, istirahat dan tidur yang cukup, penderita yang pernah terkena serangan jantung juga harus mampu memanejemen stresnya.
Mengapa seseorang yang pernah terkena serangan jantung harus mampu memanejem stresnya? Karena jika penderita tidak mampu memanajemenkan stresnya peluang untuk meningkatkan komplikasi dan memperlampat penyembuhan.

Memang memanajemen stres ini tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Seseorang yang pernah mengalami serangan jantung atau pernah menderita penyakit jantung pasti takut jika serangan jantung akan datang kembali padanya. Sehingga rasa takut akan selalu menghinggapi.

Lalu, apa yang mesti dilakukan untuk mengatasi kecemasan atau ketakutan akan kambuhnya penyakit jantung tersebut? Hal yang perlu anda lakukan adalah merubah pikiran negatif menjadi pikiran positif, misalnya berpikir:  saya terkena serangan jantung agar saya lebih peduli terhadap kesehatan, seperti; mengkomsumsi makanan sehat, merubah gaya hidup yang tidak sehat (merokok dan minum beralkohol), istirahat dan tidur yang cukup, dll. Jangan berpikir kalau akan ada serangan kedua atau kambuhnya penyakit jantung nantinya.
Selain itu, anda dapat menyibukkan diri anda ke hal-hal positif tapi tidak membebani jantung anda. Bisa dengan rutin berolah raga (pilih olahraga yang sesuai dengan kemampuan anda) atau mengeluti hobi atau minat anda.
Hal yang perlu anda lakukan selanjutnya adalah fokus. Jangan waktu bekerja, anda luangkan untuk memikirkan penyakit anda, jika sedang menikmati liburan jangan sampai memikirkan adanya serangan jantung berikutnya. Nikmatilah apa yang anda jalani saat itu. Ketika sedang memandang bunga, nikmatilah keindahan bunga tersebut, jangan memikirkan hal-hal negatif tentang penyakit anda. Baca Juga: Berpikirlah Positif Agar Jantung Sehat
Yang tidak kalah penting adalah tetap menjalani terapi sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh dokter jantung anda.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Takut Terjadi Serangan Jantung Berulang? Manajemen Stres Anda."

Posting Komentar