Begini Cara Berjalan Kaki Yang Benar Agar Anda Terhindar Dari Penyakit Jantung

Ada berbagai cara yang dapat ditempuh untuk menghindari penyakit jantung. Salah satu cara yang efektif dan mudah adalah dengan cara berjalan kaki. Dimana berjalan kaki ini bisa dilakukan oleh siapa saja, tanpa biaya dan yang paling penting adalah efektif dalam mencegah timbulnya penyakit jantung.
Selain baik dalam menekan risiko penyakit kardiovasculer, berjalan kaki juga efektif dalam memperkuat tulang dan otot, mencegah obesitas (kegemukan), hingga  menekan angka kejadian kencing manis (diabetes melitus) dan penyakit stroke.

Lalu, bagaimana caranya agar jalan kaki memiliki manfaat mengatasi berbagai penyakit jantung dan penyakit lainnya? Berikut beberapa hal penting yang mesti diperhatikan agar jalan kaki bermanfaat buat kesehatan:

1.  Durasi:
Dari beberapa penelitian diungkapkan bahwa untuk menghindari berbagai penyakit, termasuk penyakit jantung diperlukan sekitar 30 menit sehari untuk berjalan kaki.
2.  Jumlah Langkah:
Selain memperhatikan durasi, dalam berjalan kaki sebaiknya untuk mendapatkan hasil maksimal dari berjalan kaki diperlukan sekitar 10.000 langkah setiap harinya.
3.  Teknik berjalan:
Sebaiknya, ketika berjalan kaki tubuh harus dalam keadaan tegak dan membiarkan lengan terayun alami. Selain itu, mulailah berjalan dari intensitas ringan kemudian sedang
4.  Penggunaan alas kaki:
Menurut penelitian yang diterbitkan dalam, journal of environmental and public health, Berjalan kaki tanpa alas kaki dapat meningkatkan sejumlah kondisi kesehatan, seperti terhindar dari gangguan tidur, nyeri otot dan sendi, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah osteoporosis, mengatur sistem pernapasan dan membuat detak jantung lebih stabil.

Dari penelitian di atas berjalan kaki tanpa alas, seperti: di atas rumput, tanah atau dipasir pantai jauh lebih baik dari pada ketika kita menggunakan alas kaki.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Begini Cara Berjalan Kaki Yang Benar Agar Anda Terhindar Dari Penyakit Jantung"

  1. Mantab mang, kesehatan adalah harta yang tak ternilai harganya.

    BalasHapus