Cara Mudah membaca VT ( Ventricular Tachikardia) Pada Hasil EKG

Bagaimana cara membaca VT ( Takikardia Ventrikular) pada hasil pembacaan EKG? Dimana VT ini merupakan disritmia (kelainan irama jantung) yang disebabkan gangguan pembentukan impuls di Ventrikel, yang mana VT ini merupakan satu kegawatan yang mengawali henti jantung dan memerlukan penanganan segera.
Tiga PVC atau lebih yang muncul berurutan disebut dengan Takikardia Ventrikular. Apa itu PVC? PVC adalah kontraksi ventrikuler prematur, dimana ditemukan kompleks QRS pada PVC tampak lebar dan aneh karena depolarisasi ventrikel tidak mengikuti jalur konduksi yang benar. Tapi, kompleks QRS belum tentu lebar pada seluruh sadapan, jadi rekamlah keseluruhan EKG 12 sadapan sebelum anda menegakkan sebuah diagnosa. Dimana biasanya VT ini memiliki frekuensi berkisar antara 150 dan 250 denyut permenit dan mungkin sedikit ireguler (tidak teratur).

Berikut cara membaca hasil EKG yang menandakan seseorang tersebut menderita atau terkena Takikardia Ventrikular (VT):
Hasil EKG pada Takikardia Ventrikular  (VT):
Irama: Teratur atau sedikit tidak teratur
Frekuensi: 150 – 250/menit
Gelombang P: Selalu tidak kelihatan
Interval P – R: Tidak dapat diukur
Interval QRS: Lebar, Lebih dari 0,12 detik
Untuk lebih jelasnya dalam pembacaan EKG dengan Ventrikular Takikardia (VT) dapat dilihat pada contoh di bawah ini:


Ventrikular Takikardia (VT) dapat terlihat uniform atau seragam, setiap kompleks tampak serupa dengan kompleks sebelumnya, seperti pada gambar di atas atau dapat juga polimorfik atau gambarannya berubah-ubah dari denyut ke denyut. Dimana Ventrikular Takikardia (VT) polimorfik lebih sering ditemui pada iskemia (kekurangan O2) koroner akut atau  infark (kematian jaringan).
pada pertemuan selanjutnya kita akan mempelajari tentang: Cara Membaca Atrial Fibrasi (AF) Pada EKG

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mudah membaca VT ( Ventricular Tachikardia) Pada Hasil EKG"

Posting Komentar